Analisis Dan Perancangan Sistem Basis Data Penjualan, Pembelian dan Pelayanan di Bidang Otomotif Berbasis Web Pada Dealer Suzuki Lenteng Agung

  • Rahmad firdaus

Abstract

Tujuan penelitian, ialah menginovasi perusahaan dalam aspek pembelian, pelayanan dan penjualan agar dapat terus bersaing ketat dalam industri otomotif Indonesia. Penulis fokus menganalisa kelemahan-kelemahan yang selama ini dianggap biasa namun sebenarnya berpengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan. Untuk itu, selain pemanfaatan sistem web berbasis database, penulis merancang sistem pelayanan konsumen yang belum pernah diterapkan oleh dealer resmi lainnya. Metode penelitian berupa observasi dan wawancara dengan sumber penulisan. Dalam penulisan ini penulis merancang suatu sistem dengan menggunakan beberapa file database. Hasil yang dicapai dapat meningkatkan keunggulan sistem yang kompetitif dan mampu bersaing dengan perusahaan otomotif lainnya. Penjualan perusahaan pun meningkat dan mampu mencapai target yang diinginkan. Sistem ini dapat menginformasikan kualitas produk dan jasa serta promo terbaru dan mengembangkan profesionalisme kerja karyawan yang berkesinambungan demi kepuasan konsumen. Disamping perluasan pangsa pasar motor suzuki, diharapkan terciptanya komitmen seluruh pihak terkait dalam melayani kebutuhan masyarakat. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan sistem database berbasis web ini dibuat untuk menyelesaikan permasalahan proses kerja yang berhubungan dengan data demi kemudahan manusia. Kuantitas, kualitas dan keakuratan data dirancang untuk mendukung pengambilan keputusan pimpinan dalam menentukan strategi dan kebijakan dalam hal pencapaian tujuan perusahaan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-30
Abstract views: 441 , PDF downloads: 639