UPAYA PEMULIHAN PEMBELAJARAN PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR “MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GARIS DAN SUDUT”
Abstract
Pembelajaran matematika harus bermakna, artinya siswa melihat bahwa matematika penting untuk dirinya kelak karena dapat membantunya memecahkan masalah yang dihadapi. Dengan demikian sebaiknya soal-soal matematika itu dimulai dari masalah-masalah yang realistik bagi siswa artinya dapat dibayangkan oleh siswa atau berkaitan dengan dunia nyata. Serangkaian kegiatan pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru diharapkan mencapai keberhasilan belajar di sekolah, keberhasilan tersebut juga di pengaruhi oleh keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Setiap kegiatan belajar yang sedang berlangsung hendaknya melibatkan seluruh siswa, sehingga siswa tersebut dapat berpartisipasi aktif dalam materi yang sedang dibicarakan. Untuk membuat siswa berpartisipasi aktif di perlukan suatu usaha yang dapat membuat suasana pembelajaran lebih menarik. Berhasil tidaknya proses pembelajaran di kelas juga ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengajar. Untuk itu guru perlu menciptakan suatu kondisi belajar yang memungkinkan siswa aktif dalam belajar sehingga minat dan motivasi untuk belajar akan meningkat. Minat dan motivasi belajar yang mendorong siswa akan terlihat pada hasil belajarnya. Salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek kognitif yang mencapai nilai ketuntasan belajar yang telah ditetapkan pada masing-masing sekolah.