SOSIALISASI PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P BAGI PELAKU UMKM DI PANTAI MELAWI KELANTAN, MALAYSIA
Abstract
Kegiatan ini dilakukan di kawawan Pantai Melawi, Kabupaten Bachok, Provinsi Kelantan, Malaysia oleh tim pengabdian kepada masyarakat diantaranya dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berkolaborasi dengan Dosen Fakulti Keusahawanan dan Perniagaan Universiti Malaysia Kelantan kepada pelaku UMKM kuliner di Pantai Melawi. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mencapai tujuan ini dilaksanakan melalui metode pendampingan dan sosialisasi. Adapun langkah-langkah pendampingan yaitu perencanaan dengan melakukan koordinasi. Tahap ke-2 adalah pelaksanaan, kegiatan dilakukan dalam bentuk penyampaian materi dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi pemasaran marketing mix/bauran pemasaran 4P. Berdasarkan hasil dari kegiatan pengabdian dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu: (1) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat internasional oleh Dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau yang berkolaborasi dengan Dosen Fakulti Keusahawanan dan Perniagaan Universiti Malaysia berjalan dengan baik. (2) Mitra pengabdian dapat memahami dengan baik atas materi yang telah diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat. (3) Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyakat berhasil dilakukan sebagai wujud pelaksanaan kerja sama antara Universiti Malaysia Kelantan, dengan Universitas Muhammadiyah Riau.