Program Penyiapan Siswa Menghadapi Kesulitan Belajar: Diagnosis dan Remediasi Kesulitan Penguasaan Materi Pembelajaran (KPMP) pada Era dan Pasca Pendemi Covid 19

  • Rafael Lisinus Ginting Universitas Negeri Medan
  • Mirza Irawan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
  • Elizon Nainggolan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
  • Albert Pauli Sirait Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan
Keywords: Kemitraan Masyarakat, Diagnosis, Kesulitan Belajar, Alat Ungkap Masalah, Remediasi

Abstract

Permasalahan prioritas yang ditemukan di lapangan adalah sebagai berikut. 1) terbatasnya sumber daya manusia guru SDN 040570 dalam dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan belajar; 2) belum adanya program  penyiapan siswa menghadapi kesulitan belajar; 3) sekolah dan guru tidak memiliki instrumen untuk mendiagnosis dan  remediasi kesulitan penguasaan materi pembelajaran (KPMP). Tujuan kemitraan masyarakat ini adalah untuk meminimalisir masalah masalah belajar yang muncul di era Pandemi covid 19 ini adalah dengan melakukan Program Penyiapan Siswa Menghadapi Kesulitan Belajar: Diagnosis dan Remediasi Kesulitan Penguasaan Materi Pembelajaran (KPMP). Dalam mengatasi permasalahan tersebut tim pengabdi merumuskan dan mengimplementasikan program kerja sama seluruh tenaga pendidik mulai dari kepala sekolah, wali kelas, dan guru mata pelajaran dalam mengentaskan masalah kesulitan belajar yang dihadapai anak. Secara umum program ini meliputi kegiatan sosialisasi program, pelaksanaan program, dan pelaporan dan evaluasi. Pelaksanaan program penyiapan siswa menghadapi kesulitan belajar ini dilakukan dengan metode diagnosis dan remediasi. Metode yang digunakan adalah metode pendidikan, pelatihan, praktik dan pendampingan langsung. Kegiatan program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan selama 3 (tiga) kali pertemuan dalam bentuk FGD dan Workshop  berjalan dengan baik dan lancar. Pada setiap pertemuan tatap muka dengan  metode ceramah dan demonstrasi, dilanjutkan dengan workshop (latihan/praktek).Hasilnya setelah guru mampu mendiagnosis sendiri kesulitan belajar siswa, guru akhirnya secara spesifik mengetahui materi pelajaran apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dan selanjutnya dilakukan remediasi dengan pedoman yang telah dimiliki oelh guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
Section
Articles
Abstract views: 54 , PDF downloads: 32