Inovasi Pengolahan Susu Sari Nasi Sebagai Perwujudan Swasembada Ekonomi Desa Pesaren Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

  • Mutiara Febryta Prameswary Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Sulistianingsih Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Yunita Khoirun Nisa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Dewi Masitoh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pekalongan
  • Fatwa Afini Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Pekalongan
Keywords: Digitas Marketing, Pengolahan Beras, Olahan Nasi, Swasembada

Abstract

Desa Pesaren merupakan desa yang terletak di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang yang memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah. Sebagian besar masyarakat Desa Pesaren bermata pencaharian sebagai Petani. dari sumber daya alam (SDA) yang dimiliki, sebagian besarnya merupakan persawahan. Sehingga, SDA tersebut dijadikan sebagai sumber pendapatan dengan menjual hasil panen berupa padi. Namun, pemasaran padi tersebut masih mencakup wilayah sekitar saja melalui distributor dengan memasang harga yang rendah. Kurangnya inovasi menyebabkan penurnan penjualan sehingga diperlukan adanya diferensiasi produk. Inovasi yang dilakukan salah satunya adalah dengan mengolah beras menjadi susu sari nasi.

Susu sari nasi adalah produk olahan beras yang dibuat dengan cara mengambil sari dari hasil rebusan beras yang kemudian disajikan dengan menambahkan perisa makanan sebagai variasi produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Sumber Daya Alam yang ada di Desa Pesaren dengan mengolah beras menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi disertai dengan pengembangan pemasaran melalui digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-14
Section
Articles
Abstract views: 53 , PDF downloads: 27