PELATIHAN MEDIA SOSIAL: INSTAGRAM DAN SHOPEE AFFILIASI WOMENPRENEUR

  • Siti Hanifa Sandri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Jeki Algusri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hendri Ali Ardi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Diki Arisandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aqil Farras Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Akhmas Ghani Ibrahim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Firsha Ananda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Instagram, Affiliate Shoope, Womenpreneur

Abstract

Dalam e-commerce dan perkembangan media sosial, program afiliasi telah muncul sebagai sarana yang layak bagi individu, terutama pengusaha wanita, untuk menghasilkan pendapatan tambahan tanpa perlu modal besar. Program Afiliasi Shopee mencontohkan fenomena ini, menyediakan platform di mana pengguna dapat mempromosikan produk di media sosial dan menerima komisi untuk setiap pembelian yang difasilitasi melalui tautan afiliasi. Instagram, dengan basis pengguna aktif yang besar dan kesesuaiannya dengan pemasaran berbasis visual, menjadi platform yang sangat relevan untuk program ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan Program Afiliasi Shopee di Instagram, dengan mengadopsi pendekatan persuasif yang mendidik, temuan menunjukkan bahwa Program Afiliasi Shopee menawarkan peluang besar bagi pengguna untuk mendapatkan komisi dengan membagikan tautan afiliasi melalui Instagram. Efektivitas pendekatan ini ditunjukkan oleh temuan bahwa memilih produk yang sesuai (misalnya, Lifepack), membuat konten yang menarik, dan memanfaatkan fitur Instagram seperti Stories dan Reels, bersama dengan penggabungan tautan afiliasi dalam bio, telah terbukti meningkatkan visibilitas produk dan merangsang pembelian, serta penerapan teknik pemasaran yang strategis telah terbukti mempercepat proses konversi, meningkatkan keterlibatan audiens, dan membangun peluang penghasilan yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-31
Section
Articles
Abstract views: 44 , PDF downloads: 27