Peningkatan Omzet Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Toko Online pada UMKM Al Baik Food Saat Pandemi Covid-19

  • Finanta Okmayura Universitas Muhammadiyah Riau
  • Vitriani Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pratama Benny Herlandy Universitas Muhammadiyah Riau
  • Regiolina Hayami Universitas Muhammadiyah Riau
  • Risnal Diansyah Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Diversifikasi Produk, Strategi Promosi, Covid-19, Al Baik Food, UMBKM

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu UMKM Al Baik Food dalam meningkatkan omset penjualan melalui diversifikasi produk dan promosi. Al Baik Food sendiri merupakan UMKM yang menjual berbagai macam cemilan asinan khas Pekanbaru. Pemilik Usaha Al Baik Food ini mengatakan dalam mengembangkan usahanya ini masih bersifat konvensional karena penjualannya hanya melalui whatsapp saja. Selain itu, kemasan produk cemilan yang dihasilkan Al Baik Food masih bersifat sederhana. Sementara itu selama pandemi covid 19 omset penjualan pun mengalami penurunan. Oleh karena itu diperlukan strategi promosi dan pemasaran produk yang menarik untuk untuk meningkatkan strategi penjualan UMKM ini. Promosi nantinya akan dilakukan melalui media sosial dan juga toko online yang berbasis android. Kemudian UMKM Al Baik Food ini akan dilakukan pembinaan, pemberdayaan dan pendampingan melalui pemberian pelatihan pembuatan toko online berbasis android. Selain itu, diiversifikasi produk juga perlu dilakukan dengan memberikan pelatihan pembuatan kemasan yang menarik konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-01
Section
Articles
Abstract views: 242 , PDF downloads: 182