Literasi Keuangan Bagi Komunitas di Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan

  • Catur Ragil Sutrisno
  • Anggrainy Putri Ayuningrum Universitas Pekalongan
  • Akhmad Samsul Ulum
Keywords: UMKM, Literasi Keuangan, Laporan Keuangan

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar penting pada perekonomian di Indonesia, karena menyumbangkan PDB sebesar 61,07%. Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,2 juta. Kontribusi penyerapan tenaga kerja sebanyak 97% dari total tenaga kerja yang ada dan mampu menghimoun 60,4% total investasi. UMKM tidak terlepas dari beberapa kendala salah satunya masih rendahnya akses pembiayaan oleh jasa keuangan.

Rendahnya pembiayaan jasa keuangan disebabkan tidak adanya pelaporan keuangan pada bisnis UMKM. Pelaku UMKM masih mencampur keuangan usaha dengan pribadi, tidak ada pencatatan pendapatan, biaya serta penjualan. Hal yang juga dialami oleh pelaku UMKM di komunitas Aisyiyah  Cabang Doro Kabupaten Pekalongan. Masih minimnya pengetahun tentang keuangan membuat tidak adanya pencatatan keuangan dalam usaha UMKM mereka.

Pelatihan dan pendampingan literasi keuangan diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan, pemahaman dan literasi keuangan pemilik UMKM, mampu membuat laporan sederhana dalam pengelolaan usahanya sehingga mampu menjalankan usaha yang efektif dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-07
Section
Articles
Abstract views: 225 , PDF downloads: 270