PENGEMBANGAN UMKM MELALUI BISNIS DIGITAL PADA USAHA RUMAHAN DI KELURAHAN SIDOMULYO BARAT PEKANBARU

  • Jeki Algusri Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hendri Ali Ardi Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Misral Misral Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Norra Isnasia Rahayu Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Hanifa Sandri Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Rahmayanti Prodi Keuangan & Perbankan Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Training, UMKM, Digital Business

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sudah merambah ke dunia  digital bagi para pelaku usaha. Salah satu aplatform bisnis yang berbasis digital digital adalah media sosial. Media sosial inilah yang dapat membantu bagi para pelaku usaha dalam melakukan promosi dan penjualan produk, salah satunya adalah pelaku UMKM. Permasalahan yang dihadapi para pekalu UMKM khususnya UMKM yang ada di Kelurahan sidomulyo barat kecamatan tuah madani Pekanbaru adalah penyebaran promosi masih menggunakan cara konvensional dengan cara penyebaran brosur, mengikuti bazar, membuka lapak, dan promosi dari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan jangkauan daerah pemasaran dan penjualan produk ruang lingkupnya kecil. Sehingga perkembangan bisnis para pelaku UMKM tidak berkembang pesat. Hal ini mempengaruhi pendapatan yang tidak meningkat, jumlah produk yang dijual tidak meningkat dan ruang lingkup wilayah pemasaran tidak luas, selain itu berpengaruh pada besarnya biaya operasional untuk promosi dan penjualan produk. Dengan adanya kegiatan pelatihan kepada pelaku UMKM di Kelurahan sidomulyo barat pekanbaru nantinya para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat batu digital marketing sehingga cakupan wilayah promosi menjadi luas dan membantu dalam melakukan penjualan produk

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
Section
Articles
Abstract views: 26 , PDF downloads: 36