Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM di Desa Tomok Parsaoran Samosir

  • Desyana Putri STIE Harapan Duri
  • Karina Silaen
Keywords: Pelatihan, Pembukuan Sederhana, UMKM

Abstract

Abstrak

UMKM merupakan salah satu sektor yang mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sektor UMKM harus mampu menyediakan laporan keuangannya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Tomok Parsaoran Samosir, salah satu UMKM yang belum mampu sepenuhnya membuat pembukuan sederhana.

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Tomok Parsaoran Samosir adalah agar masyarakat di Desa Tomok Parsaoran Samosir yang mayoritas sebagai pelaku UMKM mampu membuat pembukuan sederhana atas transaksi keuangan yang dimiliki sehingga penerimaan, pengeluaran dan keuntungan (laba) atau kerugian yang diperoleh dapat terukur dan dikendalikan untuk mengetahui kemajuan usahanya dari waktu ke waktu.

Adapun metode yang digunakan adalah pelatihan mengenai pembuatan pembukuan secara sederhana dengan menggunakan Buku Penerimaan dan Pengeluaran Kas atas semua kegiatan operasional UMKM. Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UMKM di Desa Tomok Parsaoran Samosir mendapatkan respon yang positif. Luaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pelaku UMKM mampu melakukan pembukuan atas usahanya secara rutin dengan menggunakan Buku Penerimaan dan Pengeluaran Kas serta menghitung keuntungan (laba) atau kerugian dengan benar.

Kata kunci : Pelatihan Pembukuan Sederhana, Usaha Mikro Kecil Menengah, Samosir

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-06
Section
Articles
Abstract views: 275 , PDF downloads: 258