EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI PADA PASIEN DENGAN DIABETES TIPE 2: SEBUAH REVIEW SISTEMATIK

  • Neneng Astuti Program Studi DIII Keperawatan, Fakultas MIPA dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Riau, Pekanbaru, Indonesia.
Keywords: Diabetes tipe 2, efikasi diri, manajemen diri diabetes, dan perawatan diri diabetes

Abstract

Pendahuluan: Diabetes merupakan penyakit yang bersifat swakelola, Keberhasilan pengelolaan diabetes bergantung pada aktivitas perawatan diri individu untuk mengontrol gejala dan menghindari komplikasi. Efikasi diri pada diabetes adalah keyakinan pasien terhadap kemampuannya untuk melakukan berbagai perilaku manajemen diri diabetes, dan manajemen diri pada diabetes merupakan tugas yang menantang yang membutuhkan perubahan gaya hidup jangka panjang, termasuk diet, minum obat, latihan fisik, maupun pemeriksaan kadar gula darah secara teratur.
Metode: Review sistematik dilakukan dengan penelusuran database elektronik yaitu, CINAHL dan ProQuest. Publikasi jurnal mulai dari tahun 2006-2013, dengan menggunakan kata kunci: diabetes tipe 2, efikasi diri, manajemen diri diabetes, dan perawatan diri diabetes. Review sistematik ini menggunakan kriteria seleksi untuk melakukan data extraction yaitu; jurnal bahasa Inggris, full text dan mencakup abstrak, metode penelitian kuantitatif, subjek diabetes tipe 2.
Hasil: Artikel terakhir yang digunakan dalam review sistematik ini sebanyak 12 artikel yang sesuai dengan kriteria seleksi. Dalam review sistematik ini menguraikan tentang definisi efikasi diri dan manajemen diri pada diabetes, instrumen penelitian yang digunakan, serta faktor-faktor yang berhubungan dengan manajemen diri pada diabetes tipe 2.
Kesimpulan: Efikasi diri dan manajemen diri pada pasien diabetes merupakan dua komponen penting sebagai dasar untuk mencegah komplikasi terkait penyakit dan mempertahankan kualitas hidup pasien dengan diabetes tipe 2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-10-30
How to Cite
Astuti, N. (2014). EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI PADA PASIEN DENGAN DIABETES TIPE 2: SEBUAH REVIEW SISTEMATIK. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 5(1), 13-18. https://doi.org/10.37859/jp.v5i1.189
Section
Computing Sciences
Abstract views: 796 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 1859