PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DALAM MASA KEHAMILAN DI PUSKESMAS HARAPAN RAYA PEKANBARU

PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DALAM MASA KEHAMILAN DI PUSKESMAS HARAPAN RAYA PEKANBARU

  • isnaniar isnaniar universitas muhammadiyah riau
  • Wiwik Norlita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Niken Safitri Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Ibu Hamil Obesitas, Penyakit Hipertensi

Abstract

PENGARUH OBESITAS TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DALAM MASA KEHAMILAN DI PUSKESMAS HARAPAN RAYA PEKANBARU

Isnaniar, Wiwik Norlita, Niken Safitri

Prodi D III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Riau

e-mail: isnaniar@umri.ac.id, wiwiknorlita@umri.ac.id, nikensafitri@studentumri.ac.id

 

ABSTRAK

Latar Belakang : Kehamilan ibu dengan obesitas memiliki peranan yang kuat terhadap terjadi nya peningkatan tekanan darah pada pemeriksaan ibu hamil. Saat ini obesitas mendapat perhatian yang serius karena jumlah penderitanya yang semakin meningkat termasuk didalamnya adalah wanita pada usia reproduktif dan Jumlah penderita obesitas pada wanita hamil juga meningkat sekitar 18,5% sampai dengan 38,3%. Berdasarkan Survey Awal yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 2 Juli 2018 Pada 10 responden ibu hamil didapatkan data bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi selama kehamilan 2 orang (20%) yang mengalami obesitas 4 orang (40%), dan yang mengalami hipertensi 4 orang (40%) Tujuan : Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh obesitas terhadap penyakit hipertensi di Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru.

Metode : Desain penelitian ini adalah Cross Sectional study, desain ini merupakan rancangan penelitian yang pengukuran atau pengamatannya di lakukan secara simultan pada suatu saat (sekali waktu). Subyek dalam penelitian ini adalah 35 ibu hamil pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Uji statistik menggunakan uji korelasi chi square. Hasil : Sebagian besar ibu hamil dengan obesitas sebanyak 34,3% (12 responden) dan ibu hamil yang mengalami hipertensi 7 (54,55%) dan  berdasarkan dalam statistik menunjukan hasil uji chi square dengan tingkat kemaknaan (α) adalah ≤ 0,05 didapatkan nilai Probabilitas (p) adalah 0,013. Kesimpulan : Diharapkan ibu hamil dengan kategori obesitas dapat lebih mengurangi faktor yang menyebabkan kegemukan selama masa sebelum kehamilan maupun pada masa kehamilan. Sehingga ibu hamil dapat terkontrol tubuhnya selama masa kehamilannya dan tidak menjadi kategori obesitas yang dapat menyebabkan penyakit hipertensi pada ibu.

Kata Kunci : Ibu Hamil Obesitas, Penyakit Hipertensi

Author Biography

isnaniar isnaniar, universitas muhammadiyah riau

Nursing work experience; as an executing nurse in the practice of sex dermatologist from 2003 s.d 2006, as a nurse practitioner in general practitioner from 2004 s.d at this time, then is a homecare nurse from 2016 until today. permanent job as a permanent lecturer of study program D. III Nursing University of Muhammadiyah Riau since 2004 until now.

Published
2019-07-13
Section
Health Sciences
PDF
Abstract views: 41
downloads: 74
s