Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan e-filling bagi Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Pekanbaru Tampan Tahun 2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko, dan kepuasaan wajib pajak terhadap penggunaan e-filling bagi wajib pajak orang pribadi. Sampel dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di kantor pelayanan pajak pratama Pekanbaru Tampan sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, dan kepuasan wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-filling. Persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-filling. Secara simultan menunjukkan bahwa kepercayaan, persepsi kebermanfaatan, persepsi risiko dan kepuasaan wajib pajak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-filling. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.624 yang berarti 62.4% variabel independen mempengaruhi variabel dependen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.