Analisis Pelaporan Akuntansi Sosial dan Lingkungan PT TASMA PUJA Di Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

  • Nadia Fathurrahmi Lawita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Lena Fitria Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Laporan keuangan, Akuntansi Sosial, Akuntansi Lingkungan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hasil kegiatan observasi pelaporan pertanggungjawaban sosial dan lingkungan di dalam bentuk laporan keuangan di PT Tasma Puja Sei Kuamang dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi. Metodologi yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Fokus penelitian adalah melihat adanya kegiatan-kegiatan non-operational yang dilaporkan perusahaan yang kemungkinan dilakukan untuk pertanggungjawaban kepada publik. Penelitian dilakukann untuk mengetahui alasan kenapa  perusahaan melaporkan kegiatan yang tidak ada memberikan keuntungan finansial secara langsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya pelaporan yang dilakukan oleh perusahaan terutama ketika adanya pemberitaan di koran maupun online atas masalah yang diakibatkan oleh kegiatan operasional perusahaan dan ini dilakukan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat sehingga dapat terus beroperasi di daerah tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ackermann, F., & Eden, C. (2011). Strategic management of stakeholders: Theory and practice. Long range planning, 44(3), 179-196.
Cohen , N., dan P. Robbins, 2011, Green Business : An A-to-Z Guide, Thousand Oaks, California: SAGE Publications Inc
Fernando, S., & Lawrence, S. (2014). A theoretical framework for CSR practices: integrating legitimacy theory, stakeholder theory and institutional theory. Journal of Theoretical Accounting Research, 10(1), 149-178.
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen, 2009, Managerial accounting: Akuntansi Manajerial, edisi 8, dialih bahasakan oleh Deny Arnos Kwary. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Ikhsan, Arfan. 2008. Akuntansi Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lawita, N. F., & Samsiah, S. (2018). Sustainability Reporting at Private Universities. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 8(1), 49-54.

Mansur, A., & Trisnawati, T. (2007). Metode Penelitian dan Teknik Penulisan Laporan Karya Ilmiah.
Meilyandrie, M. I. (2015). PENGARUH PENERAPAN BIAYA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011–2013) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).
Narsa, I., & Septikasari, P. (2014). Hubungan Tingkat Pengungkapan Informasi Corporate Social Responsibility Dengan Earnings Response Coefficient: Perbandingan Perusahaan Sektor Manufaktur dan Wholesale-Retail Trade yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Indonesia Accounting Research Journal, 2(2), 82-144.
Widarto, D., & Mudjiyanti, R. (2015). Pengaruh environmental performance dan environmental disclosure terhadap economic performance. MEDIA EKONOMI, 15(2).
Published
2018-12-29
How to Cite
Lawita, N. F., & Fitria, L. (2018). Analisis Pelaporan Akuntansi Sosial dan Lingkungan PT TASMA PUJA Di Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 8(2), 182-189. Retrieved from https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1134
Abstract views: 1260 , PDF downloads: 2757