Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) yang ada di Pekanbaru

  • Misral Misral Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sri Rahmayanti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurmalis Nurmalis Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Own Capital, Loan Capital and Rentability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas pada koperasi serba usaha (KSU) yang ada di pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah koperasi serba usaha yang ada di Pekanbaru yang terdaftar pada Dinas Koperasi UMKM Pekanbaru tahun 2013-2015. Dalam penelitian ini terdapat 2 (dua) variabel bebas yaitu modal sendiri dan modal pinjaman, serta variabel terikat yaitu rentabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sendiri dan modal pinjaman berpengaruh secara signifikan terhadap rentabilitas baik secara simultan maupun parsial. Besarnya pengaruh modal sendiri dan modal pinjaman terhadap rentabilitas dapat dilihat dari koefisien determinasi (R²) sebesar 33,70 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-undang No. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Ajizah, Euis, Hurrat Syadlia dan Lita Mulyati, 2015, Pengaruh Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Modal Sendiri Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sugri Rangkasbitung. Rangkasbitung: Jurnal E-Journal ISSN 2337-912X Vol. 3, No.1.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Husnan, Suad, 2008, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Yogyakarta : UPP STIM YKPN
Jabbar, Hanif Abdul, 2014. Pengaruh Modal Sendiri, Modal Pinjaman Dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha (Studi Kasus Pada Koperasi Di kabupaten Sukoharjo Tahun 2012, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khoyri, Achmad, 2013, Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Rentabilitas Ekonomi Pada Koperasi Pegawai Negeri (KPN) “Bhakti Nusa” di SMK Negeri 4 Samarinda, ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id Vol. 2, No.1
Partomo, dkk. 2012. Ekonomi Skala Kecil Atau Menengah Dan Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Riyanto, Bambang, 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Ed. 4, Yogyakarta: BPFE
Santiko, Andreas, 2012, Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Tingkat Rentabilitas Pada Koperasi Karyawan PT. Nojorono Tobacco International Tbk Di Kudus Tahun 2001-2010, Progran Studi Manajemen Universitas Muria Kudus.
Suteja, Gede Praba, 2016. Pengaruh Jumlah Modal Sendiri Dan Jumlah Modal Pinjaman Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha Pada KPN Praja Mukti Kantor Bupati Buleleng Tahun 2006-2015. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Vol 7, No. 2.
Wasis, 2011, Manajemen Keuangan Perusahaan, Semarang: Satya Wacana.
Winarko, Sigit Puji, 2014. Pengaruh Modal Sendiri, Jumlah Anggota Dan Aset Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Di Kota Kediri, Journal ISSN 2355-7249 Vol. 1, No.2.
Published
2018-12-29
How to Cite
Misral, M., Rahmayanti, S., & Nurmalis, N. (2018). Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Rentabilitas Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) yang ada di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 8(2), 163-171. Retrieved from https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1127
Abstract views: 622 , PDF downloads: 3599