Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Pokok Bahasan Pengenalan Perangkat Keras Komputer (Hardware) Berbasis Revolusi Industri 4.0

  • Frizkilla Dinandra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran game edukasi pokok bahasan Pengenalan Perangkat Keras Komputer (Hardware) berbasis  revolusi industri 4.0 dengan menggunakan software Construct 2 dan mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran game edukasi  pokok bahasan pengenalan perangkat keras komputer (hardware) berbasis  revolusi industri 4.0. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Lee dan Owens yaitu  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).  Hasil uji kelayakan media oleh ahli media masuk dalam kategori Baik dengan nilai kelayakan 3,9 dan presentase kualitas media 78%. Hasil uji materi oleh ahli materi masuk dalam kategori Sangat Baik dengan nilai kelayakan 4,6875 dan presentase kualitas materi 93,75%. Hasil uji coba lapangan kepada 30 orang peserta didik masuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai kelayakan 4,520625 dan presentase kualitas media pembelajaran game edukasi 90,42%. Maka media pembelajaran ini layak digunakan untuk  mendukung kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ahmad, I., & Jenderal, D. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi. 1–13.
[2] Alessi, s.M & Trollip, s.R. (2001). Multimedia for learning ,nethod and
[3] developmenr. Needham Heights: Allyn & Bacon.
[4] Aoun, J.E. (2017). Robot-proof: higher education in the age of artificialintelligence US: MIT Press. Afwan, M. (2013). Leadership on technical and vocational education incommunity college [Versi elektronik]. Journal of Education andPractice, 4 (21), 21-23.
[5] Arief S. Sadiman dkk. (201 l). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
[6] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
[7] Jakarta: Rineka Cipta.
[8] Aqib, Zainal. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual
[9] (Inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2013.
Published
2020-01-15
Abstract views: 1164 , PDF downloads: 825