Prestasi Belajar Mengoperasikan Program Pengolahan Angka Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Siswa SMKN 1 Rengat

  • Arminiyetti SMK Negeri 1Rengat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  siswa terhadap matadiklat mengoperasikan  program pengolahan angka melalui model pembelajaran bertukar pasangan pada siswa kelas XI Akuntasi  SMK Negeri  1 Rengat .jenis penelitian yang diguanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI akuntasi SMK Negeri 1 Rengat. Data dalam penlitian ini didapatkan dari penilaian proses kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa berupa nilai test formatif dan dokumen portofolio. Dari hasil penelitian didapatkan data bhawa terjadi perubahan dalam aspek keaktifan belajar siswa. pembelajaran dengan model ini mencakup tiga ranah pengetahuan yaitu (1)Afektif, (2) Kognitif  dan (3) Psikomotor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. P. Widoyoko, “Evaluasi Program Pembelajaran,” J. Ilmu Pendidik., 2000.
[2] D. T. Ayuni, “PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA UTAMA 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016,” IOSR J. Econ. Financ., 2016.
[3] S. Wulandari, S. Buwono, and R. Rosyid, “EFEKTIVITAS MODEL BERTUKAR PASANGAN PADA PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2013.
[4] Kasnati, “MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN,” Suara Guru J. Ilmu Pendidik. Sos. sains, dan Hum., vol. 2, no. 2, 2016.
[5] I. R. Hidayah, “PERBEDAAN MODEL BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 33, no. 7, pp. 283–290, 2018.
Published
2020-01-15
Abstract views: 224 , PDF downloads: 220