Formulasi Gel Ekstrak Etanol Daun Afrika (Vernonia amygdalina Del) sebagai Antibakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa

  • Debi Meilani Fakultas Farmasi, Universtas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Melati Yulia Kusumastuti Fakultas Farmasi, Universtas Muslim Nusantara Al Washliyah

Abstract

Infeksi merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh penduduk Indonesia. Salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah daun afrika (Vernonia amygdalina Del). Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek antibakteri dari ekstrak etanol daun afrika terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa, memformulasinya dalam bentuk sediaan gel dan menguji efek antibakteri dari gel tersebut terhadap kedua bakteri yang sama.
Tahapan penelitian ini meliputi pembuatan ekstrak etanol daun afrika menggunakan metode perkolasi, skrining fitokimia dan menguji efek antibakteri ekstrak terhadap Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa dengan konsentrasi 500 mg/ml, 400 mg/ml, 300 mg/ml, 200 mg/ml. Data yang diperoleh akan menunjukkan kadar hambat minimum ekstrak etanol daun afrika sebagai antibakteri. Tahapan penelittian dilanjutkan dengan memformulasi ekstrak etanol daun afrika dalam bentuk sediaan gel dengan dosis sesuai hasil uji bakteri ekstrak, menguji efek antibakteri dari gel tersebut terhadap kedua bakteri yang sama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak etanol daun afrika megandung senyawa metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan steroid/triterpenoid. Hasil uji antibakteri ekstrak menunjukkan nilai kadar hambat minimum terhadap Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa pada konsentrasi 200 mg/ml dengan diameter daerah hambat sebesar 14,23 mm dan14,20 mm. Hasil analisis uji antibakteri gel menunjukkan nilai kadar hambat minimum terhadap Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa pada dosis 20% dengan diameter daerah hambat sebesar 14,36 mm dan14,35 mm.

Published
2019-10-09
pdf (Bahasa Indonesia)
Abstract views: 126
downloads: 29
s