Psikoedukasi Seks Mengenai LGBT di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru

  • Ajeng Safitri
  • Puti Febrina Niko Universitas Muhammadiyah Riau
  • Santoso M.Si Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nur Fitriyana Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hans Erawan Universitas Muhammadiyah Riau
  • DR. Baidarus Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Psikoedukasi, Seks, LGBT, Siswa SMA

Abstract

Indonesia menjadi negara ke-5 dengan jumlah populasi LGBT terbanyak di dunia yaitu 3% dari 250 juta penduduk Indonesia, atau 3 orang dari 100 orang yang berkumpul di suatu tempat. Perilaku LGBT mempunyai dampak negatif diantaranya rusaknya saraf otak, melemahkan akal, menghilangkan semangat kerja dan bisa terjangkit penyakit AIDS yang belum ditemukan obatnya.  Ajaran Islam melarang tegas perilaku menyimpang ini karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Ironisnya, kaum LGBT enggan menyadari bahwa perilaku tersebut adalah menyimpang, tetapi justru marak mempromosikan identitas dirinya di media sosial. Bahkan mengadakan perekrutan keanggotaan di media sosial dengan remaja sebagai targetnya. Oleh karena itu psikoedukasi seks mengenai LGBT dilakukan kepada siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan tujuan  agar menambah pengetahuan siswa tentang LGBT dan mampu melindungan diri serta orang lain di sekitarnya dari pengaruh LGBT. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Evaluasi dilakukan di akhir kegiatan untuk melihat pemahaman siswa selama proses kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi  kegiatan,  secara  umum  berhasil  dengan  baik  dan  memuaskan  peserta.  Peserta  berharap  di lain kesempatan dapat mengupas lebih mendalam setiap perilaku dari Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender secara terpisah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Puti Febrina Niko, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Psikologi Islam, Fakultas Studi Islam

Santoso M.Si, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Psikologi Islam, Fakultas Studi Islam

Nur Fitriyana, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Psikologi Islam, Fakultas Studi Islam

Hans Erawan, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Psikologi Islam, Fakulas Studi Islam

DR. Baidarus, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer

References

1. Bordbar, M. dan Faridhosseini, F. 2010. Psychoeducation for Bipolar Mood Disorder. Jurnal: Clinical, Research, Treatment Approaches to Affective Disorders.
2. Dacholfany, I dan Khoirurrijal. 2016. Dampak LGBT dan Antisipasinya di Masyarakat. Jurnal NIZHAM. Vo. 05, No. 01, Hal. 106-119. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.
3. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1998. Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa Di Indonesia, Edisi ke III.
4. Rangkuti, R. Y. 2012. Homoseksual dalam Perspektif Hukum Islam. Asy-Syir`ah: Jurnal Ilmu Syari`ah dan Hukum. Vo. 46, No. I, 191-213. Medan: Universitas Sumatera Utara.
5. Santoso, M. B. 2016. LGBT dalam Perspektif Hal Asasi Manusia. Social Work Jurnal. Vol. 6, No. 2, Hal. 154-272. Bandung: Universitas Padjajaran.
Published
2018-11-23
How to Cite
Safitri, A., Niko, P. F., M.Si, S., Fitriyana, N., Erawan, H., & Baidarus, D. (2018). Psikoedukasi Seks Mengenai LGBT di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 129-133. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.861
Abstract views: 717 , PDF downloads: 725