PELATIHAN STANDAR HIGIENE DAN SANITASI UNTUK PENINGKATAN PEMBERDAYAAN UKM OLAHAN IKAN PATIN

  • Roza Elvyra Universitas Riau
  • Dewi Indriyani Roslim
  • Nazaruddin Nazaruddin
Keywords: UKM, Olahan, Ikan, Patin, Riau

Abstract

Pelatihan standar higiene dan sanitasi dilaksanakan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Perguruan Tinggi terhadap UKM Olahan Ikan Patin di Kampung Patin, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Peserta pelatihan adalah anggota dari UKM Negeri Patin dan UKM Mr. Patin. Produk UKM berupa nugget, bakso, abon, kerupuk kulit dan fillet dari bahan baku ikan patin. Pelatihan dilaksanakan sebagai bentuk transfer pengetahuan mengenai standar higiene dan sanitasi serta cara dan persyaratan pengurusan izin edar produk pangan untuk peningkatan pemberdayaan UKM olahan ikan patin. Pelatihan ini bekerjasama dengan pemateri dari BBPOM di Pekanbaru. Dari hasil kuisioner diketahui bahwa peserta pelatihan mendapatkan peningkatan pengetahuan yaitu dari 35% peserta yang sudah memahami mengenai standar higiene dan sanitasi sebelumnya, meningkat menjadi 95% peserta yang betul-betul memahami setelah pelatihan. Anggota UKM juga mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai cara dan persyaratan pengurusan izin edar produk pangan, yatitu dari 20% peserta yang sudah mengetahuinya sebelum pelatihan meningkat menjadi 95% peserta yang memahami setelah pelatihan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kordi, KMGH. 2015. Akuakultur Intensif dan Super Intensif: Produksi Tinggi Dalam waktu Singkat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Kottelat M, Whitten AJ, Kartikasari SN, Wirdjoatmodjo S. 1993. Freshwater Fishes of Western Indonesia and Sulawesi. Periplus edition (HK) in collaboration with the environment Rep. of Indonesia. Jakarta.
Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
Rukmana HR. dan Yudirachman HH. 2016. Sukses Budi Daya Ikan Patin Secara Intensif. Penerbit Lily Publisher. Yogyakarta.
Saparinto, C. 2017. Pembesaran 6 Ikan Konsumsi di Pekarangan. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.
Published
2018-11-23
How to Cite
Elvyra, R., Roslim, D. I., & Nazaruddin, N. (2018). PELATIHAN STANDAR HIGIENE DAN SANITASI UNTUK PENINGKATAN PEMBERDAYAAN UKM OLAHAN IKAN PATIN. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 49-54. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.837
Abstract views: 340 , PDF downloads: 461