PELATIHAN PENINGKATAN SEMANGAT WIRAUSAHA PADA GURU SMA DI KOTA PEKANBARU

  • Wan laura Hardilawati universitas Muhammadiyah Riau
  • Hichmaed Tachta Hinggo universitas Muhammadiyah Riau
  • Hammam Zaki universitas Muhammadiyah Riau
  • Siti Masitoh Sinaga universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Wirausaha, Kreativitas, Inovasi

Abstract

Dunia usaha saat ini berkembang dengan pesat. Berwirausaha tentunya tidak hanya bisa di lakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan, namun juga banyak dijalankan oleh orang-orang yang sudah bekerja namun ingin tetap memiliki penghasilan tambahan, yang nantinya juga akan berdampak pada kesejahteraan secara finansial bahkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain dan akan mengurangi jumlah pengangguran. Banyak guru-guru di SMA yang sudah memiliki niat untuk berwirausaha namun menghadapi kendala dan akhirnya tidak jadi memulai usahanya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru SMA tentang cara menumbuhkan semangat wirausaha bagi guru-guru yang dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan sharing experience bersama peserta yang merupakan guru SMAN 13 Pekanbaru. Pelatihan ini dapat memberikan inspirasi bagi para guru untuk dapat mengembangkan potensi wirausaha, kreatifitas dan inovasi, serta dapat memberikan ilmunya kepada siswa. Pelatihan ini juga memberikan pengetahuan bagaimana melakukan pemasaran yang efektif dan efisien, sehingga diharapkan produk yang di jual oleh guru memiliki daya saing dan mampu memberikan manfaat untuk dirinya dan untuk orang lain.

Kata kunci:  Wirausaha, Kreativitas, Inovasi.


Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari Alma. (2016). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta. Anggota Ikatan Penerbitan Indonesi.
Ekasari, Novita (2014) “Pengaruh promosi berbasis sosia media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan pada pt. bfi finance jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 16(2). https://online journal.unja.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2040.
Hendro.(2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit Erlangga.
IKAPI)
Kasali, Rhenald.(2011).Membidik Pasar Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Kottler Philip.G Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran.Edisi 13, jilid 1. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kottler Philip.G Amstrong. (2012). Manajemen Pemasaran.Edisi 13, jilid 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kasmir. (2017). Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit Rajawali Pers
LP2M. (2017). Pedoman Penulisan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Riau.
Morrissan,M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran terpadu.Jakarta: Prenada Media Group.
Suhendi, Indra. (2014). Pengantar Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sumarsono, Hadi, (2013). Faktor - faktor yang mempengaruhi intensi wirausaha mahasiswa universitas muhammadiyah ponorogo. Ekuilibrium, 8(1). http://journal.umpo.ac.id/index.php.
Suryana M.Si, Dr. (2006). Kewirausahaan, Pedoman Praktis; Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. /ekuilibrium/article/view/35/32.
Published
2018-06-07
How to Cite
Hardilawati, W. laura, Hinggo, H. T., Zaki, H., & Sinaga, S. M. (2018). PELATIHAN PENINGKATAN SEMANGAT WIRAUSAHA PADA GURU SMA DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 50-55. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.370
Abstract views: 214 , PDF downloads: 239