PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG

  • Risnal Diansyah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Syahril Syahril Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aryanto Aryanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edo Arribe Universitas Muhammadiyah Riau
  • Doni Winarso Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Teknologi Informasi, UMKM, email, Blog

Abstract

Perkembangan teknologi  informasi sudah dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi adalah merubah pola bisnis konvensional menjadi bisnis online. Provinsi riau pada umumnya, dan kota pekanbaru pada khususnya, perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) cukup signifikan. Agar dapat bertahan atau memperluas usahanya, pelaku UMKM di kota pekanbaru harus dapat mengikuti perubahan zaman. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung usaha.    Pada kenyataannya, saat ini banyak dari pelaku UMKM, khususnya di kota pekanbaru yang masih  asing dengan teknologi  informasi. Melalui caturdharma perguruan tinggi, dosen yang ada di prodi SI memiliki tanggungjawab kepada masyarakat untuk pemanfaatan teknologi informasi. salah satu caturdharma tersebut adalah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kegiatan ini, program pengabdian kepada masyarakat dosen prodi SI adalah mentransformasikan teknologi informasi berupa pemanfaatan email dan blog bagi pelaku UMKM. Adapun kelompok masyarakat yang menjadi mitra pengabdian adalah warga RT 03 RW 01 Kelurahan Tangkerang Utara Kota Pekanbaru. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan warga dalam membuat email dan blog.  Harapannya adalah, setelah kegiatan ini warga dapat memnfaatkan email dan blog sebagai media untuk peningkatan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Risnal Diansyah, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

Syahril Syahril, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

Aryanto Aryanto, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

Edo Arribe, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

Doni Winarso, Universitas Muhammadiyah Riau

Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer

References

[1] A. Nugroho, E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. BANDUNG: Informatika, 2006.
[2] M. Sumolang, “Journal Volume II. No. 4. Tahun 2013,” vol. II, no. 4, 2013.
[3] T. Tharom, Mengenal Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2002.
[4] Rijal, M. Basur “Analisis Akad Google Adsense perspektif Hukum Islam” Yogyakarta, 2016.
[5] Setiawati, Ira, Peran Media Sosial sebagai Upaya Pemasaran Bisnis Online (Perspektif Kualitatif). STMIK HIMSYA, 2017.
[6] Nayoan, Nova, JON FEKON Volume 3 Nomor 1 (Februari) tahun 2016.
[7] N. Arifia, "Email," Gunadharma, 1 Juni 2010. [Online]. Available: http://narendro.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2. [Accessed 13 8 2017].
[8] D.Mokoginta, "IlmuKomputer.com," 2008. [Online]. Available: http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2009/01/deydi-blog.pdf. [Accessed 13 8 2017].
[9] M. H. Santosa, "Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) dalam Pembelajaran Menulis," Universitas Pendidikan Ganesha , Bali, 2015.
[10] M. Kristiyanti, "Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran," Majalah Ilmiah Informatika, vol. 2, no. No. 2, pp. 33-45, 2011
Published
2017-12-25
How to Cite
Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223
Abstract views: 581 , PDF downloads: 513