PKMS Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ibu Rumah Tangga Penghasil Aneka Cemilan Khas Kampar di Desa Merangin

  • Zayyinul Hayati Zen Universitas Muhammdiyah Riau
  • Denny Astrie Anggraini Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: cemilan khas Kampar, desain kemasan, KUBE, pengelolaan usaha

Abstract

Desa Merangin memiliki beberapa Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Ibu-ibu Rumah Tangga. Salah satunya adalah KUBE Berkat Yakin. KUBE dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga kreatif berkumpul bersama dan mempunyai keinginan tinggi untuk berkarya guna membantu perekonomian keluarga. KUBE ini menghasilkan aneka cemilan khas Kampar, seperti : Kerupuk Lomang, Kerupuk Jengkol, dan cemilan khas Kampar lainnya. Beberapa hal yang menjadi permasalahan bagi KUBE Berkat Yakin ini antara lain : kemampuan produksi KUBE yang masih rendah karena pengerjaan masih manual dengan menggunakan peralatan dapur sederhana dengan tenaga kerja diri sendiri, kurangnya permodalan dan keterbatasan akses permodalan untuk pengembangan, belum adanya manajemen keuangan yang baik, kemasan produk masih sangat sederhana dan kurang menarik, serta belum berjalannya manajemen organisasi kelompok dalam pengelolaan KUBE. Sasaran PKM KUBE Desa Merangin ini diharapkan kedepannya mampu meningkatkan produksi, diiringi dengan peningkatan kualitas produk, dan perbaikan kemasan produk yang lebih menarik serta pengelolaan usaha secara profesional sehingga mampu memperkenalkan produknya berupa aneka cemilan khas Kampar ke masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Output yang diberikan berupa pendampingan peningkatan pengetahuan SDM tentang industri makanan cemilan, pengembangan desain kemasan yang menarik dan pengelolaan usaha secara profesional agar daerah pemasaran produk semakin luas dan dapat meningkatkan omzet penjualan KUBE Berkat Yakin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Gaspersz, Vincent. 1997. Penerapan Konsep-konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka.
2. Handoko, T.H. 2003. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE
3. Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat (edisi ketiga). Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
4. Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), 2011, http://kuaci.blogspot.com/p/pedomankube.html/ dikunjungi 12 Mei 2017
5. Schuler, R.S. dan Jakson S.E. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
6. Tuty Movreynta, 2008, Implementasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tani di Dusun III Desa Pematang Lalang Kabupaten Deli Serdang.
7. Whitten, Jl, Bentley, lD, Dittman, kC, 2004, Metode Desain dan Analisis Sistem, edisi6, penerbit andi, Yogyakarta, terjemahan. Mc Graw hil education.
Published
2020-04-18
Abstract views: 29 , PDF downloads: 13