DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PKK

  • Ria Zulkha Ermayda Universitas Negeri Malang
  • Hanjar Ikrima Nanda
  • Dwi Narullia

Abstract

Abstrak

 Kegiatan yang dilakukan Kelompok PKK Desa Sutojayan sebagian besar telah diarahkan kepada aktivitas yang produktif dan bernilai jual, seperti pembuatan kerajinan tas dari tali kur, membuat bros, dan berbagai jenis keripik. Beberapa produk tersebut mampu dihasilkan oleh kelompok PKK dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan analisis situasi, dibutuhkan cara atau strategi khusus dalam melakukan pemasaran produk-produk tersebut, karena selama ini pemasaran masih dilakukan dalam lingkup lokal atau hanya sebatas dari mulut ke mulut. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait strategi pemasaran produk kepada kelompok PKK melalui pelatihan digital marketing. Metode pelaksanaan kegiatan ini yakni pelatihan secara langsung sekaligus praktik pada aplikasi online yang digunakan, yakni facebook dan instagram. Hasil dari kegiatannya ini adalah anggota kelompok PKK dapat membuat akun online yang khusus untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan melalui akun facebook dan instagram. Melalui strategi digital marketing, beberapa produk yang dihasilkan oleh Kelompok PKK Desa Sutojayan dapat dikenal secara meluas sehingga mampu mengangkat nama Desa Sutojayan.

 

Keywords: Digital Marketing, local product, marketing training

Abstract

Most of the activities undertaken by the PKK group in Sutojayan Village have been directed to productive and valuable selling activities, such as making handicraft bags made from rope ties, making brooches, and various types of chips. Some of these products were able to be produced by the PKK group within a certain period. Based on the situation analysis, special methods or strategies are needed in marketing these products, because so far marketing has only been carried out in the local scope or only limited to word of mouth. This activity aims to increase knowledge related to product marketing strategies to PKK group through digital marketing training. The method used in the implementation of activities is direct training as well as practice in the online application used, namely Facebook and Instagram. As a result of this activity, PKK group members can create an online account specifically for marketing products produced through Facebook and Instagram accounts. Through digital marketing strategies, some of the products produced by the PKK group can be widely recognized so that they can raise the name of the Sutojayan Village.

 Keywords : Digital Marketing, produk lokal, pelatihan pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-01
How to Cite
Zulkha Ermayda, R., Ikrima Nanda, H., & Dwi Narullia. (2019). DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK PKK. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 80-84. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1506
Abstract views: 942 , PDF downloads: 1320