PELATIHAN TRIK PEMBUATAN KARYA TULIS BERBENTUK PTK DI MA AL-HIDAYAH

  • Rica Wijayanti stkip pgri bangkalan
  • Didik Hermanto
  • Buaddin Hasan

Abstract

Abstract

 

The training in making tricks in the form of Classroom Action Research aims to help overcome the problems of the teachers in MA Al-Hidayah in the case of the difficulty of making PTK-shaped tuis work. In addition, this training can also increase knowledge for teachers so that the level of professionalism of teachers in MA Al-Hidayah is higher. The method used in this training is to use lecture, discussion, direct demonstration, and mentoring methods The method of reflection and discussion is applied when delivering the basic principles of implementing classroom action research; the demonstration method is applied when delivering material for innovative learning models and making instructional media; the guidance method is applied during the process of making a paperwork in the form of a PTK. The instrument used to see the success of the training program was the participant's questionnaire response sheet. Based on the results of the questionnaire distributed, it was found that each training conducted ≥75% of the trainees had a very good understanding of the material delivered during the training. In addition, the final results of this training are in the form of written product in the form of CAR as many as 20 works created by the trainees themselves.

 

Keywords: Training, Tricks of Writing, and PTK

 

Abstrak

 

Pelatihan trik pembuatan karya tulis berbentuk Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan guru-guru di MA Al-Hidayah dalam hal kesulitan pembuatan karya tuis berbentuk PTK. Selain itu, pelatihan ini juga dapat menambah pengetahuan bagi para guru sehingga tingkat profesionalisme guru di MA Al-Hidayah semakin tinggi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah menggunakan metode ceramah, diskusi, peragaan langsung, dan  pembimbingan  Metode ceramah dan diskusi diterapkan saat menyampaikan materi  prinsip dasar pelaksanaan penelitian tindakan kelas; metode peragaan diterapkan saat menyampaikan materi model-model pembelajaran yang inovatif dan pembuatan media pembelajaran; metode pembimbingan diterapkan saat proses pembuatan pembuatan karya tulis berbentuk PTK. Instrumen yang digunakan untuk melihat keberhasilan program pelatihan ini adalah lembar angket respon peserta pelatihan. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan diperoleh hasil bahwa setiap pelatihan yang dilakukan  peserta pelatihan telah sangat paham terhadap materi yang disampaikan saat pelatihan berlangsung. Selain itu, hasil akhir dari pelatihan ini yaitu berupa produk karya tulis berbentuk PTK sebanyak 20 karya yang dibuat sendiri oleh para peserta pelatihan.

 

Kata Kunci  : Pelatihan, Trik Pembuatan karya Tulis, dan PTK

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-01
How to Cite
Rica Wijayanti, Didik Hermanto, & Buaddin Hasan. (2019). PELATIHAN TRIK PEMBUATAN KARYA TULIS BERBENTUK PTK DI MA AL-HIDAYAH. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 173-177. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1481
Abstract views: 107 , PDF downloads: 160