MANAGEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN DAN PEREKONOMIAN PETANI SAWIT DI KOPERASI KARYA MENTULIK (KSU-KM)

  • Zulfadli Hamzah Fajultas Agama Islam Universitas Islam Riau
  • Tri Purnama Sari Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), STIKES Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan aspek yang sangat penting sekali yang harus di pertimbangkan oleh sebuah perusahaan maupun instansi yang ada di sektor Perkebunan termasuk untuk Koperasi. Pentingnya manajemen Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) agar kecelakaan dalam bekerja dapat di minimalisir yang akhirnya juga akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas pekerja. Adapun yang menjadi Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah KSU karya Mentulik karena berdasarkan survey dan wawancara yang dilakukan masih minimnya pengetahuan dan kesadaran Pekerja di kebun kelapa sawit tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Selain itu, Juga di temui beberapa pekerja di kebun kelapa sawit yang tidak menggunakan alat  pelindung diri (APD) ketika sedang bekerja baik itu ketika lagi memanen maupun ketika sedang melakukan perawatan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat berusaha memberikan beberapa solusi diantaranya dengan mengadakan penyuluhan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk beberapa pekerja. pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan dengan mengadopsi langkah-langkah action researchi yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Luaran yang akan di capai dalam kegiatan ini terdiri dari luaran wajib yaitu video kegiatan dan publikasi pada media cetak atau elektronik serta meningkatnya keberdayaan mitra bagi permasalahan yang dihadapi yaitu peningkatan pengetahuan dan kesadaran pekerja maupun manajemen tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang akhirnya juga dapat meningkatkan Produktivitas pekerja dan perekonomian masyarakat. Sedangkan luaran tambahan yaitu Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional Tidak Terakreditas.

 

Keywords: Produktivitas Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Alat Pelindung Diri, Perekonomian Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-01
How to Cite
Hamzah, Z., & Sari, T. P. (2019). MANAGEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN DAN PEREKONOMIAN PETANI SAWIT DI KOPERASI KARYA MENTULIK (KSU-KM). Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(2), 154-160. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i2.1471
Abstract views: 891 , PDF downloads: 1662