PROSES MARKETING PUBLIC RELATIONS PADA KAFE
Abstract
Belakangan ini kafe hidangan penutup atau dessert telah menjadi trend sekaligus gaya hidup tersendiri bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari munculnya beragam kafe hidangan penutup yang juga dibarengi dengan banyaknya masyarakat menghabiskan waktu ditempat tersebut. L Chesee Factory merupakan jenis kafe desssertbrand lokal pertama di Pekanbaru. Berawal dari UKM dan kemudian terus berkembang hingga menjadi perusahaan saat ini. L Chesee Factory jenis kafe desssertbrand lokal pertama di Pekanbaru. Berawal dari UKM dan kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai brand lokal menginspirasi kategori UMKM Awards tahun 2013 dan Marketeers of the year 2015.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai proses marketing public relation pada L Chesee Factory penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian analisis data secara deskriptif dan didukung dengan grounded theory S-O-R, sedangkan fokus penelitian dilihat berdasarkan konsep The Marketing Public Relations Process. Subjek pada penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive samplingyang terdiri atasowner, general manger, brand manager, dan karyawan L Chesee Factory. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model data interaktif Miles dan Huberman dengan pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses marketing public relations L Chesee Factory terdiri atas mendefinisikan masalah, perencanaan dan pemograman, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Permasahalan paling menonjol yang terlihat dalam proses MPR pada L Chesee Factory adalah munculnya perusahaan-perusahaan yang dianggap sebagai kompetitor sejenis.Selanjutnya perumusan aktivitas atau program MPR yang akan dilaksanakan didasari oleh pertimbangan yaitu harus dapat mendukung untuk terwujud the best local brand. Aksi dan komunikasi sebagai implementasi dari berbagai program MPR L Chesee Factory yaitu berupa pelaksanaan publikasi dan publisitas, event/penyusunan program acara, kepedulian pada komunitas, memberitahukan atau meraih citra, serta lobi dan bernegosiasi. Evaluasi mengenai berbagai aktivitas atau program MPR L Chesee Factory yaitu secara keseluruhan semuanya dapat berjalan dengan baik dengan catatan hanya satu program acara yang tidak dilanjutkan/terhenti yaitu Cat Rescue. Selain itu keseluruhan aktivitas atau program MPR yang diadakan membantu untuk terwujudnya L Chesee Factory sebagai the best local brand baik dilihat dari segi image maupun dari segi pemasaran.
Downloads
All material contained in this site is protected by law. It is prohibited to quote part or all of the contents of this website for commercial uses without the approval of the board of editors of this journal.
If you find one or more articles contained in CELSciTech that violate or potentially infringe your copyright, please report to us, via email to Principle Contact.
The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
All information contained in CELSciTech is academic. CELSciTech is not responsible for any losses incurred by misuse of information from this site.