Hasil Belajar Akuntansi Bank Melalui Model Cooperative Learning Siswa Kelas Xii Akuntansi 2 Smk Negeri 1 Rengat

  • Arminiyetti Arminiyetti
Keywords: Prestasi Belajar, Bertukar Pasangan, Akuntansi, Hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar  akuntansi bank siswa melalui model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI akuntasi SMK Negeri 1 Rengat. Data dalam penlitian ini didapatkan dari penilaian proses kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa berupa nilai test formatif dan aktivitas siswa yang didapatkan dari hasil observasi. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa model cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar mengelola akuntansi bank siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dyah Widowati, “PENYELARASAN KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI (STUDY KASUS SMKN 10, SMK ADHIKAWACANA SURABAYA, DAN POLITEKNIK NSC SURABAYA,” J. Bisnis Teknol. Politek. NSC Surabaya, 2015.
[2] P. B. Herlandy, D. E. Ratna, and E. Ismanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Adobe Flash Pokok Bahasan Komunikasi Dalam Jaringan Untuk Kelas X SMK,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, pp. 29–40, 2019.
[3] R. Culatta, “Conditions of Learning ( Robert Gagne ),” Instructional Design. 1992.
[4] K. Celuch, B. Bourdeau, and D. Winkel, “Entrepreneurial identity: The missing link for entrepreneurship education,” J. Entrep. Educ., 2017.
[5] M. dan Dimyati, “Model-model pengajaran dan pembelajaran,” Teach. Educ., 2013.
[6] H. Maksum, “Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme,” J. Pendidik. Serambi Ilmu (Wadah Inf. Ilm. dan Kreat. Intelekt. Pendidikan), 2011.
[7] A. Senen, “Mengembangkan pembelajaran IPS dalam perspektif paradigma konstruktivistik,” J. Pendidik. Dasar Din., 2014.
[8] E. Suherman, “Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa,” J. Pendidik. Dan Budaya, 2008.
[9] A. Jaelani, “PEMBELAJARAN KOOPERATIF, SEBAGAI SALAH SATU MODEL PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYYA (MI),” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, 2015.
[10] S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.
[11] Kasnati, “MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN,” Suara Guru J. Ilmu Pendidik. Sos. sains, dan Hum., vol. 2, no. 2, 2016.
[12] S. Wulandari, S. Buwono, and R. Rosyid, “EFEKTIVITAS MODEL BERTUKAR PASANGAN PADA PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2013.
[13] I. R. Hidayah, “PERBEDAAN MODEL BERTUKAR PASANGAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PECAHAN,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 33, no. 7, pp. 283–290, 2018.
[14] S. Muryaningsih and A. Mustadi, “Pengembangan Rpp Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Di Sekolah Dasar,” J. Prima Edukasia, 2015.
Published
2020-05-30
Abstract views: 173 , PDF downloads: 202