The PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI PEKANBARU

  • Gustia Angraini Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: LKS, IPA, Hasil belajar, teka-teki silang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui penggunaan variasi LKS dalam bentuk lembar diskusi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi IPA SMP di Kota Pekanbaru serta pengembangan alat evaluasi yang menggunakan teka-teki silang. Penellitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua SMP di Pekanbaru. Dari sebelas bulan penelitian, proses pengambilan data dilakukan selama dua bulan bulan. Sampel berjumlah 139 orang siswa yang tersebar di dua sekolah (negeri dan swasta). Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan data kuantitatif. Data kuantitatif ini berupa jawaban siswa dalam mengerjakan soal pada lembar kerja siswa dalam bentuk TTS dan isian singkat serta angket. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa baik dari sekolah negeri maupun swasta. Peningkatan nilai dari sekolah negeri yaitu sebesar 5,14 dan 1,33 poin. Sedangkan pada sekolah swasta terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 3,23 dan 4,87 poin. Hasil penelitian ini dapat diharapkan dijadikan masukan dalam rangka pengembangan alat evaluasi yang lebih inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
Abstract views: 406 , PDF downloads: 384