PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DENGAN METODE RESITASI BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 RENGAT

  • Yetma Martati SMK Negeri 1 Rengat
Keywords: Hasil Belajar, Metode Resitasi bahan ajar, Siswa, SMK Negeri 1 Rengat

Abstract

Tujuan penelitian adalah a) meningkatkan pelaksanaan pembelajaran akuntansi keuangan dengan metode resitasi bahan ajar Lembar Kerja Siswa, b) meningkatkan pola pengajaran guru, c) meningkatkan peran serta dan antusiasme siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan d) meningkatkan kemampuan dan prestasi siswa dalam pembelajaran akuntansi keuangan. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu : 1) Perencanaan (planning), 2) Aksi/ Pelaksanaan tindakan (acting), 3) Observasi (obseving), 4) Refleksi (refleting). Jenis data dalam penelitian terdiri dari Data Primer berupa data yang diperoleh secara langsung melalui observasi terhadap aktivitas siswa, dan Data Sekunder berupa data yang diperoleh dari sumber-sumber kepustakaan dan literatur yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode ini terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa sehingga tepat untuk diterapkan pada pembelajaran. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang tepat dilakukan melalui peningkatan kemampuan menjelaskan materi sehingga menarik dan memotivasi siswa untuk rajin belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Bloom, Benyamin, S. 1974. Taxonomy of Educational Objectives. New York: David, Mc. Coy, Inc.
[2] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Profil Kemampuan Guru Sekolah Lanjutan, Jakarta : Ditjen Dikti Depdikbud.
[3] Jurusan PPB-IKIP Bandung. 1986. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung.
[4] Miles B. Matthew dan Huberman A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
[5] Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya
[6] Natawidjaja, Rochman. 1996. Pokok-pokok Pikiran mengenai Penelitian Keias, Makalah. Jakarta: Ditjen Dikti Dikbud.
[7] Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[8] Sudibyo dkk. 2002. Prinsip Prinsip Akuntansi Untuk SMU/ Sederajat. Bogor: Yudistira.
[9] Sudjana, Nana. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
[10] Sumantri, Hendi. 2000. Akuntansi Keuangan SMK. Bandung: Amriko.
[11] Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. UNS Press.
[12] Suyoto. 1996. Akuntansi Keuangan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Bisnis dan Manajemen. Bandung: Titian Ilmu.
[13] Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[14] Zainal, Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
[15] Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Published
2020-05-30
Abstract views: 26 , PDF downloads: 18