Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa

  • Defrizal - Hamka Universitas Muhammadiyah Riau
  • Berry Kurnia Vilmala
Keywords: Perangkat Pembelajaran, Blended Learning, Google Classroom Kemandirian Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengetahui kelayakan pengembangan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA berdasarkan penilaian ahli, 2) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA pada uji coba produk, dan 3) mengetahui keefektifan pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom untuk peningkatan kemandirian belajar mahasiswa program studi pendidikan IPA.

Metode yang digunakan Research & Development (R&D) dengan pendekatan kuntitatatif dan kualitatif, yang dilaksanakan di program studi pendidikan IPA. Dengan pengujian kelayakan media dan materi dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media.

Dari hasil penelitian menunjukan bahawa perangkat pembelajaran blended learning melalui google classroom menurut para ahli dinyatakan layak. Hasil pengembangan rencana pembelajaran sangat layak digunakan. Hasil pengembangan bahan ajar sangat layak digunakan. Keterlaksanaan pembelajaran blanded learning melalui aplikasi google classroom Berdasarkan observasi pada aplikasi google classroom dapat dilihat bahwa respon mahasiswa terhadap pembelajaran sangat baik, hal ini diketahui dari aktivitas mahasiswa saling berdiskusi dan berkomunikasi pada google classroom. Efektivitas pemebelajaran berdasarkan responden terhadap perangkat pembelajaran blended learning melalui aplikasi google classroom efektif untuk kemandirian belajar. Hasil persentase terhadap efektifitas perangkat pembelajaran adalah 61,11 %. Hal ini dapat diketahui dari sebagian besar responden menyatakan setuju terhadap item angket kemandirian belajar.

References

Daftar Pustaka
[1] M. Fahrurrozi and M. A. Majid, “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017 / 2018,” Jpek, vol. 1, no. 1, p. 60, 2017.
[2] N. Sofiana, “Implementasi Blended Learning Pada Mata Kuliah Extensive Listening,” J. Tarbawi, vol. 12, no. 1, pp. 59–70, 2015.
[3] H. Staker and M. B. Horn, “Classifying K – 12 blended learning,” Innosight Inst., no. May, pp. 1–22, 2012.
[4] S. B. Sjukur, “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK,” J. Pendidik. Vokasi, 2013.
[5] N. Aeni and Y. Prihatini, Titi, Utanto, “Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Sistem Komputer,” Innov. J. Curric. Educ. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 27–38, 2017.
[6] R. Darrow, B. Friend, and A. Powell, “A Roadmap for Implementation of Blended Learning at the School Level,” Int. Assoc. K-12 Online Learn., no. Oct, pp. 1–96, 2013.
[7] D. Hamka and N. Effendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA,” JNSI J. Nat. Sci. Integr., vol. 2, no. 1, pp. 19–33, 2019.
[8] A. B. Hakim, “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo,” I-STATEMENT, vol. 2, pp. 1–6, 2016.
Published
2019-08-22
PDF
Abstract views: 24
downloads: 19
s