The PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2008/2009
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar biologi siswa tahun kedua di SMAN 10 Pekanbaru tahun akademik 2008/2009 dengan Coopeartive Teams Games Tournaments (TGT). Teams Games Tournament: Suatu pendekatan dimana siswa memainkan permainan dengan anggota tim lain untuk memperoleh tambahan poin pada skor mereka. Permainan disusun dengan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan pelajaran yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang diperoleh siswa dari penyampaian di kelas dan kegiatan-kegiatan kelompok ( Slavin, 1995). Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan dalam belajar adalah hasil yang optimal, yang merupakan tujuan utama dalam proses belajar mengajar. Agar diperoleh hasil yang optimal dalam proses belajar mengajar maka seorang guru juga dituntut dapat menguasi model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga dapat menarik minat serta kreatifitas siswa dan nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus dari Februari hingga April 2009. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa. Progeressing pada siklus 1 (74,19%) ke siklus 2 (85,02%), adalah (10%) dan ketuntasan pelajaran siswa juga meningkat pada siklus 1 (66,67%) menjadi siklus 2 (8