IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA

  • Defrizal - Hamka Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: implementasi, kemampuan dosen, pemanfaatan TIK

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi mahasiswa tentang implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, (2) kemampuan dosen tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa dengan jumlah 21 orang dan 7 orang dosen program studi pendidikan IPA. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi mahasiswa terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi termasuk pada proses pembelajaran program studi pendidikan IPA dalam katergori sangat baik dan, (2) kemampuan dosen dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran di program studi pendidikan IPA termasuk dalam katergori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Depdiknas. (2005). Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen.

[2]Koesnandar. (2008). TIK untuk pembelajaran. Jakarta: Pustekkom, Depdiknas. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/8189/2/bab%201%20%2010702259030.pdf pada tanggal 15 September 2018.

[3]Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Diakses dari http://julhasratman.blogspot.com/2012/02/penggunaan-tik-dalampembelajaran-dan.html pada tanggal September 2018.

[4]Hamka, Suparwoto (2018). Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience Di Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration. Vol. 1, No. 1, April 2018, Hal. 95-120.

[5]Gay, L.R. (1987). Educational research competencies for analysis & application edition. Ohio: A Bell & Howell Company.

[6]KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 21 Juni 2018]

[7]Steven L. McShane & Mary Ann Von Glinow .(2008). Organizational Behavior. New York: The McGraw-Hill.

[8] Makmuri, Muchlas. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

[9]Jalaluddin, Rakhmat. (2008). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

[10]Miftah, Thoha. (2010). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

[11]Miarso, 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas. Diakses dari http://mulyadiniarty.wordpress.com/2009/11/01/10-definisiteknologi pada tanggal 21 November 2018.

[12]Mulyadiniarty. (2010). 10 Definisi Teknologi. Diakses dari http://mulyadiniarty.wordpress.com/2009/11/01/10-definisi-teknologi pada tanggal 12 November 2018

[13]Ditpsma. (2011). TIK Dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Diakses dari http://psbpsma.org/content/blog/3921-tik-dalam-pendidikandanpembelajaran pada tanggal 20 September 2018.


[14]Mas, Hadi. (2010). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Di SD Negeri 2 Rejosari. Diakses dari http://mashadicesar.wordpress.com/2010/07/27/pemanfaatan-tik-dalam-pembelajaran-di-sd-negeri-2-rejosari/ pada tanggal 15 November 2018.
Published
2019-03-05
Abstract views: 171 , PDF downloads: 511