Analisis Kelayakan Kapasitas Produksi dengan Metode RCCP (Studi Kasus PT. Sewangi Sejati Luhur)

  • St Nova Meirizha universitas muhammadiyah riau
  • Ardiansyah Ardiansyah universitas muhammadiyah riau
Keywords: kapasitas, MPS, RCCP, Uji kelayakan

Abstract

PT. Sewangi Sejati Luhur merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi CPO kelapa sawit sebagai komponen utama minyak goreng. Perusahaan ini sangat membutuhkan perencanaan kapasitas yang baik karena permintaan produknya yang terus bertambah dari tahun ke tahun, terutama perencanaan untuk produk yang menjadi andalan perusahaan yaitu produk CPO sawit. Kondisi yang terjadi saat ini ada beberapa stasiun kerja yang sumberdayanya menganggur pada saat-saat tertentu. Selain itu, ada juga beberapa stasiun kerja yang mesin atau tenaga kerjanya bekerja overload. Ini dapat dilihat dengan adanya antrian pada stasiun kerja tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kelayakan terhadap kapasitas produksi pada semua stasiun kerja yang ada dengan metode rough cut capacity planning (RCCP). Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis kelayakan kapasitas. Tahap pertama adalah menghitung kapasitas tersedia setiap stasiun kerja. Selanjutnya dilakukan perhitungan kapasitas yang dibutuhkan setiap stasiun kerja. Tahapan terakhir adalah uji kelayakan kapasitas dengan membandingkan kapasitas tersedia dengan kapasitas yang dibutuhkan. Berdasarkan perhitungan Rough Cut Capacity Planning menggunakan metode CPOF dapat dilihat bahwa masih ada beberapa stasiun kerja yang menghasilkan nilai negatif untuk semua periode selama 12 bulan. Hal ini  menunjukkan bahwa kapasitas yang tersedia tidak dapat memenuhi kebutuhan kapasitas atau dengan kata lain kapasitas yang dibutuhkan jauh lebih besar dari kapasitas tersedia yang dimiliki oleh perusahaan.

References

[1]. Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pegendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
[2]. Fogarty, Donald W., dkk. 1991. Production & Inventory Management. Ohio : South-Western Publishing Co.
[3]. Gasperz, Vincent. Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[4]. Kurniawan, Mohammad dan Wiwi, Umar. 2013. Analisis Kapasitas Mesin Untuk Mengantisipasi Perkembangan Permintaan Produk Benang Dengan Metode RCCP (Rough Cut Capacity Planning). JTM.
[5]. Nasution, Arman Hakim. 1999. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Surabaya: Penerbit Guna Widya.
[6] Sinulingga, Sukaria. 2009. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[7] S.C., Erni, N. & Rafrianti, S., 2007. Usulan Rencana Kapasitas Produksi Menggunakan Metode Rccp Dan Pendekatan Sistem Dinamis Pada Pt . Dellifood.
Published
2017-06-01
Pdf
Abstract views: 18
downloads: 59
s