Analisis Postur Kerja Karyawan Kantor Menggunakan Rapid Office Strain Assesment (ROSA)

  • Zayyinul Hayati Zen universitas muhammadiyah riau
  • Andre Habiyoga universitas muhammadiyah riau
  • Denny Astrie Anggraini universitas muhammadiyah riau
Keywords: keluhan, postur kerja, ROSA

Abstract

PT. Universal Tekno Reksajaya adalah perusahaan yang bergerak dibidang remanufactur, general fabrikasi dan maintenance alat berat. Perusahaan ini memiliki beberapa divisi yaitu administrasi, marketing, produksi, service, dan warehouse. Penelitian ini fokus kepada divisi yang pekerjanya bekerja di ruangan. Pekerja selalu menggunakan computer dan bekerja 8 jam/hari. Dan juga memungkinkan mereka untuk lembur sehingga menyebabkan pekerja merasakan keluhan-keluhan dalam bekerja. Penelitian awal dengan menyebarkan Standar Nordic Questionnaire (SNQ). Hasil dari kuesioner yaitu banyaknya pekerja merasakan sakit pada punggung, pinggang, nyeri bahu, leher dan tangan. Keluhan yang dirasakan oleh pekerja kantor dapat diminimalkan dengan cara mengetahui dan mengidentifikasi postur kerja pada pekerja dalam menggunakan komputer. Penelitian iniĀ  menggunakan metode Rapid office strain assessment (ROSA). ROSA merupakan salah satu metode pada office ergonomics, dimana penilaiannnya dirancang untuk mengukur resiko yang terkait dengan penggunaan komputer serta untuk menetapkan tingkat tindakan perubahan berdasarkan laporan dari ketidaknyamanan pekerja. Dengan menggunakan metode ROSA, dapat diketahui apakah postur kerja karyawan kantor PT. Universal Tekno Teksajaya Plant Pekanbaru pada saat bekerja aman atau berbahaya. Hasil penilaian postur kerja dengan ROSA ini yaitu postur kerja beresiko tinggi, pada kondisi tersebut akan menyebabkan cidera pada pekerja yang melakukan pekerjaannya secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu perlu direkomedasikan ke pihak perusahaan untuk memberikan pelatihan tentang ergonomi terutama di perkantoran kepada pekerja dan sosialisasi tentang peragaan senam untuk meregangkan otot dan syaraf ketika bekerja di depan komputer.

References

[1] Manuaba, A. 1992. Pengaruh Ergonomi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja. Seminar Produktivitas Tenaga Kerja Di Jakarta, Pada tanggal 30 Januari 1992.
[2] Maryati, Analisa Postur kerja Karyawan PT. Tiga Serangkai Department Publishing Dengan menggunakan Metode ROSA (Rapid Office Strain Assesment), Universitas Negeri Semarang, 2014.
[3] Sonne, M.W.L., Villalta, D.L., and Andrews, D.M, Development and Evaluation of an Office Ergonomic Risk Checklist: The Rapid Office Strain Assessment (ROSA). Applied Ergonomics 43(1), 2012:98-108.
[4] Sutalaksana, I. Z. Produk-Produk Ergonomis dan Strategi Mewujudkanya. Dalam; Proceedings Simposium dan Pameran Ergonomic Indonesia 2000, Tehnology Business Operation Unit IPTN, Bandung I, 1999 : 19-24.
[5] Sutalaksana, I. Z, Anggawisastra, R, dan Tjakraatmadja, J. H, Teknik Tata Cara Kerja, Departemen Teknik Industri ITB, Bandung, 1979.
[6] Tarwaka, Solichul, dkk. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Denpasar: Universitas Udayana. 2004.
[7] Zayyinul Hayati Zen, Perancangan Alat Material Handling Dengan Menggunakan Pendekatan Biomekanika dan Postur Kerja pada Bagian Pengepakan Pupuk di CV. Bukit Raya Laendrys Bukittinggi, Universitas Muhammadiyah Riau. 2014
Published
2017-06-01
Pdf
Abstract views: 22
downloads: 20
s