Analisis Kelayakan Bisnis Kuliner “Sushi Kampung”

  • Dedi Dermawan universitas muhammadiyah riau
  • Satriardi Satriardi universitas muhammadiyah riau
Keywords: sushi kampung, uji kelayakan

Abstract

Sushi merupakan ciri khas makanan rakyat Cina, sushi biasanya disajikan dengan beras jepang, rumput laut, telur ikan, dan sebagainya, tetapi harga yang ditawarkan sangatlah mahal sehingga tak seluruh kalangan dapat menikmatinya. Bukan hanya itu, sushi memiliki rasa yang asing jika dikonsumsi oleh orang yang belum pernah memakannya, sehingga terkadang sushi juga jarang dikonsumsi oleh masyarakat awam. “Sushi Kampung” merupakan produk olahan dengan rasa yang sudah biasa dinikmati oleh orang awam yaitu dengan varian rasa rendang, dendeng dan juga dapat dikemas dengan sushi yang digoreng  yang mana usaha ini akan dibangun di Jalan Melati, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Dari segi aspek pasar didapatkan market sebesar 69% dari pengunjung usaha lainnya, dengan alasan penasaran dengan rasa sushi tersebut. Dari segi aspek finansial, dilakukan uji kelayakan dengan melihat nilai NPV, AE, BCR, PBP, dan IRR usaha ini layak secara ekonomis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Rudianty, Yeni. Makalah Perencanaan Bisnis. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta. 2011.
[2] Musrofi, Muhammad. Membuat Rencana Usaha. Pustaka Insani Madani: Yogyakarta. 2008.
[3] Tsuji, Shizuo. Japanese Cooking a Simple Art. Tokyo: Kodansha International Ltd. 1980
[4] Kristianti, Yuli Sandhi. Sushi di Restoran Jepang Yanagi Sushi Jogjakarta (tugas akhir). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya. 2006.
[5] Suryana. Kewirausahaan. Salemba empat. Jakarta: 2013.
Published
2017-06-01
How to Cite
Dermawan, D., & Satriardi, S. (2017). Analisis Kelayakan Bisnis Kuliner “Sushi Kampung”. Jurnal Surya Teknika, 5(01), 26-31. https://doi.org/10.37859/jst.v5i01.353
Abstract views: 1322 , docx downloads: 1054

Most read articles by the same author(s)