ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE NASA TLX (Studi Kasus: PT. Universal Tekno Reksajaya Pekanbaru, Riau)

  • Zayyinul Hayati Zen
  • Ardi Adrian Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Beban Kerja Mental, NASA TLX

Abstract

PT. Universal Tekno Reksajaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang remanufacturing komponen-komponen alat berat di Indonesia. Tentunya ini berfungsi sebagai peremajaan komponen-komponen alat berat menjadi komponen yang dapat digunakan kembali dengan kualitas setara dengan produk baru. PT Universal Tekno Reksajaya merupakan salah satu anak perusahaan PT United Tractors Tbk. dengan lokasi plant pertama (dan kedua) yang dibangun pada saat itu adalah plant Pekanbaru dan Jakarta. Banyaknya jobs desk pekerjaan pada section General Over Houl (GOH) menimbulkan keluhan bagi pekerja terkait dengan tekanan kerja, jam kerja yang berlebihan, munculnya rasa bosan dan jenuh terhadap pekerjaan sehingga membuat produktivitas karyawan menjadi menurun. Maka dari itu di perlukan analisis beban kerja mental terhadap pekerja menggunakan metode NASA TLX. Setelah dilakukan analisis terhadap pekerja section General Over Houl (GOH) didapat hasil sangat tingginya beban kerja mental pekerja. Dengan itu perlunya rekomendasi terkait dengan penambahan SDM untuk membagi jobs desk yang begitu banyak agar lebih ringan, mengadakan sharing motivasi untuk mengembalikan semangat kerja karyawan dan kegiatan-kegiatan hiburan seperti ice breaking games dan sarana olah raga untuk mengembalikan kebugaran karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Mariawati, Ade Sri. Penilaian Beban Kerja Psikologis Operator Stasiun Kerja Menggunakan Metode National Aeronautics and Space Administration-Task Load Index. Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sunan Ageng Tirtayasa. Banten. 2013: 101-104.

[2] Mutia, Mega. Pengukuran Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis pada Operator Pemetikan Teh dan Operator Produksi Teh Hijau di PT Mitra Kerinci. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknin Universitas Andalas, Padang, Vol. 13 No. 1, April 2014. 503-517.

[3] Nurcahyo, Heru. Ilmu Kesehatan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 2, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 2008, 440 Hal.
Published
2020-02-22
How to Cite
Zen, Z. H., & Adrian, A. (2020). ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE NASA TLX (Studi Kasus: PT. Universal Tekno Reksajaya Pekanbaru, Riau). Jurnal Surya Teknika, 6(1), 21-25. https://doi.org/10.37859/jst.v6i1.1860
Abstract views: 1691 , Pdf downloads: 1460

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>