Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus : PT. Perawang Kencana Motor

  • siti nova meirizha universitas muhammadiyah riau
Keywords: Importance-Performance Analisys, kepuasan, kuisioner

Abstract

Sebuah perusahan jasa sangat erat kaitannya dengan pelanggan, karena salah satu dari karakteristik perusahaan jasa adalah berhubungan dengan konsumen secara intensif. Untuk itu tingkat kesuksesan  perusahaan jasa dapat diukur dari seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi tingkat kepuasan pelanggan dengan metode Servqual pada PT.Perawang Kencana Motor yang merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang penjualan motor dan penyediaan jasa service. Proses identifikasi dimulai dengan penyebaran kuesioner terbuka untuk mengetahui variabel apa saja yang harus diperhatikan dalam peningkatan kepuasan konsumen dan variabel tersebut akan digunakan pada kuesioner tertutup untuk melihat tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen terhadap kualitas kepuasan pada PT. Perawang Kencana Motor. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap hasil penyebaran kuesioner. Setelah itu dilakukan perhitungan gap antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan konsumen. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen maka dilakukan Importance – Performance Analisys (IPA). Berdasarkan IPA maka diperoleh beberapa dimensi kualitas yang kurang baik dalam memberikan kepuasan terhadap pelayanan, yaitu mengenai kecepatan dan tanggapan karyawan dalam proses pembayaran, kecepatan karyawan dalam menanggapi keluhan dari pelanggan, keterampilan mekanik untuk menanggapi kerusakan yang terjadi pada sepeda motor, keramahan dan kesopanan dalam melayani pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Dias-Marti el al. (2000), mengemukakan lima dimensi dalam menentukan kualitas jasa pada tempat wisata, yaituprofesionalism, tangibles, complementary offer, basic benefit, dan location. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional
[2] Kotler, Philip dan A.B.Susanto. 2000, Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Yogyakarta : Salemba Empat
[3] Krisna Dewi, Luh Putu. 2010, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk L’Oreal Paris , Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

[4] NILASARI, ESWIKA (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Universitas Islam Batik Surakarta.
[5] Panduan Kerja Praktek Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Riau (2015)
[6] Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry L., 1988. “SERVQUAL: A Multiple item Scale Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Spring, pp.12-40
Published
2019-01-25
How to Cite
meirizha, siti nova. (2019). Identifikasi Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus : PT. Perawang Kencana Motor. Jurnal Surya Teknika, 1(04), 75-81. https://doi.org/10.37859/jst.v1i04.1191
Abstract views: 157 , pdf downloads: 1436