Analisis Perbandingan Penggunaan Magnet Roycer dan 9power Terhadap Penghematan BBM Sepeda Motor Konvensional

  • muhammad ridha fauzi universitas muhammadiyah riau
  • ilma alzikri universitas muhammadiyah riau
Keywords: konsumsi bahan bakar, magnet roycer, 9power

Abstract

Dengan bertambahnya kebutuhan bahan bakar timbullah pemikiran untuk membuat suatu alat yang dapat menghemat pemakaian bahan bakar baik berupa peralatan, cairan atau pun tablet. Salah satu cara penghematan bahan bakar adalah memberikan perlakuan terhadap bahan bakar sebelum memasuki ruang bakar atau sebelum mengalami proses pembakaran. Penggunaan magnet roycer, 9power dan mencoba menggabungkan magnet roycer dan 9power, dapat mengurangi pemakain bahan bakar yang digunakan pada sepeda motor konvesional.Pengujian dilakukan secara diam (engine stand) dengan waktu yang sudah ditentukan 10 menit pada motor suzuki R 125 cc dengan kecepatan rpm 1500, 2000, 2500 dan 3000 rpm. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, pemakaian magnet roycer dan 9power terjadi penghematan bahan bakar namun bila digabungkan magnet roycer dan 9power penghematan yang terjadi lebih besar lagi. Penghematan terjadi pada setiap kecepatan tetapi penghematan yang paling signifikan terjadi pada kecepatan 2500 rpm. Penggunaan magnet roycer dengan kecepatan 2500 rpm menghasilkan penghematan sebesar 3,3 ml, penggunaan 9power dengan kecepatan yang sama menghasilkan penghematan sebesar 5 ml. Penggabungan magnet roycer dan 9power menghasilkan penghematan yang lebih besar lagi 21,7 ml, karna hasil pembakaran yang sempurna dan pengapian yang lebih baik.

References

[1] Eko Santana, 2015, Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Antara Kendaraan Standar Dengan Kendaraan Menggunakan Magnet Roycer Sebagai Alternatif Penghemat BBM Fakultas Teknik UMRI..
[2] Teguh agus satria, 2015, Pengaruh Penggunaan 9power Pada Kabel Busi Terhadap Pengapian Dan Penghematan BBM Sepeda Motor Fakultas Teknik UMRI.
[3] Muhammad abdul kadir, 2013, Pengaruh Pemasangan Alat Penghemat BahanBakar Magnetis Terhadap Efisiensi Dan KonsumsiBahan Bakar Spesifik Motor Bensin
[4] Sungkono, Djoko, 2010.
[5] www.dhgate.com/reviews/magnetic-powered-car-reviews.html
[6] http://penghematbbm.org/cara-kerja-penghemat-bbm-berbahanmagnet.
[7] http://penghematbbm.org/blog/pasang-9power-vixion
[8] Jama, Jalius. Wagino, 2008, Teknik Sepeda Motor Jilid 2 Untuk SMK, Penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
[9] Rossy Febriyant. Otomotif Untuk Pemula. CV Gunung Mas. 2000.
Published
2019-01-25
pdf
Abstract views: 5
downloads: 7
s