Upaya Mengurangi Volume Minyak Flushing Produk TBHQ Selama Pergantian Produk Di Mesin Kombinator 3 Pt Asianagaro Agung Jaya Menggunakan Metode PDCA

  • annisa mulia rani universitas muhammadiyah jakarta
Keywords: Flushing, shorthening, TBHQ, Antioxidant, Plan Do Check Action

Abstract

PT Asianagro Agung Jaya terletak adalah perusahaan pengolahan kelapa sawit dan memproduksi makanan. Dengan varian minyak goreng, margarine dan shorthening. Semakin meningkatnya kapasitas produksi di PT Asianagro Agung Jaya , maka semakin meningkat pula pengawasan dan pengendalian terhadap kualitas. Shorthening adalah salah produk yang komoditinya tinggi. Didalam shorthening terdapat bahan antioksidan yaitu TBHQ yang sifatnya sukar untuk dihilangkan. Shorthening di produksi di mesin Kombinator 3, tidak hanya shorhening yang di produksi di mesin kombinator 3 melainkan margarine. Shorthening adalah minyak padat yang didalamnya mengandung antioksidan. Oleh karena itu setiap pergantian produk dari shorthening ke margarin membutuhkan flushing atau pencucian jalur agar produk setelah shorthening tidak terkontaminasi. Volume flushing dibutuhkan 4 Metrik Ton dengan waktu 2 jam 4 menit. Hal itu yang menjadi masalah perusahaan dikarenakan standar perusahaan untuk volume flushing hanya 1,7 Metrik Ton dan waktu yang dibutuhkan 50 menit. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa tingginya volume flushing dan waktunya cukup lama.

Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action). Melalui kegiatan Quality Control Circle agar diperoleh informasi – informasi dari hasil diskusi yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Pengumpulan data diperoleh dari dokumen perusahaan.

Hasil penelitian ini adalah menurunkan volume flushing artinya upaya perbaikan yang dilakukan untuk menurunkan volume flushing dan waktu waktu flushing hingga sesuai dengan standar perusahaan. Setelah perbaikan dilakukan diperoleh hasil bahwa volume flushing sekarang menjadi 1,7 Metrik Ton sesuai dengan standar perusahaan dan waktu yang dibutuhkan menjadi 90 menit. Walaupun untuk penurunan waktu flushing tidak sesuai dengan yang diharap yang artinya masih jauh dari standar perusahaan tetapi mengalami penurunan.

References

Belitsz, H-D., 1999. Food Chemistry, second edition. Germany.

Catur Wahyuni, Hana, dkk., 2015. Pengendalian Kualitas. Cetakan pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Fakhri, Faiz Al. (2010). Analisis Pengendalian Kualitas Produksi di PT. Masscom Grahpy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik. Universitas Dipenogoro : Tidak diterbitkan.

Hart, Harold., 1990. Kimia Organik (suatu kuliah singkat). Edisi keenam. Alih bahasa : Dr. Suminar Acmadi Ph.D. Institut Pertanian Bogor. Erlangga, Jakarta.

Hicks, Philip E. Industrial Engineering and Management A New Perspective, Second Edition. New York: McGraw-Hill.

Kochhar, S.P dan Rossel, S.B. 1990. Detection, Estimation, and evaluation of Antioxidant in food system. Food Antioxidant. Elsevier Sci Publ Ltd. London, New York.

Nasution, M.N., 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Edisi Kedua. Ghalia Indonesia, Bogor.

O’Brien, Richard., 2004. Fats and Oils Formulating and Processing for Applications. Second Editions. CRC Press, New York.

Pratt, D. E. 1992. Natural Antioxidant from Plant Material. Di dalam Huang, M. T., Ho, C. T. Dan Lee, C. Y. (eds). Effect on Healt II : Antioxidant and cancer Prevention. American Chem. Soc., Washington, DC.

Wahyu Ariani, Dorothea., 1999. Manajemen Kualitas. Cetakan pertama. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo., 2006. Pengantar Teknik dan Manajemen Industri. Edisi pertama. Cetakan kedua. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Published
2019-01-25
pdf
Abstract views: 22
downloads: 17
s