Peningkatan Kualitas Layanan Klaim Kendaraan Roda Empat dengan Metode Six Sigma di PT. Asuransi Sinarmas

  • denny astrie anggraini universitas muhammadiyah riau
  • dedi dermawan universitas muhammadiyah riau
  • lukas sirait universitas muhammadiyah riau
Keywords: Diagram Importance Satisfaction, DPMO, keluhan, six sigma

Abstract

  1. Asuransi Sinarmas adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu asuransi kendaraan mobil, sepeda motor, bangunan rumah/ruko, alat berat (escavator). Dalam tugas keseharian PT. Asuransi Sinarmas memberikan pelayanan klaim mobil, sepeda motor, bangunan rumah/ruko, alat berat (escavator). Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya keluhan yang dirasakan pelanggan asuransi sinarmas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode six sigma (Define, Measure, Anlayze, Improve Control) serta juga dengan menggunakan diagram importance satisfaction dalam menentukan posisi kuadran yang akan dilakukan prioritas perbaikan. PT. Asuransi Sinarmas mempunyai tujuan untuk meningkatkan pelayanan secara profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dari jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis maka jenis penelitian ini termasuk penelitian observasi dengan cara survey dengan alat pengumpul data dilakukan penyebaran kuisioner. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang mempengaruhi kepuasan dalam layanan asuransi sinarmas ada empat variabel yaitu (Pengadaan part yang lama, keterlambatan penyelesaian perbaikan kendaraan, kualitas kerja yang kurang rapi, dana spart part yang tidak original).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogyakarta: Penerbit Andi.
[2] Firdian E, Surachman dan Purnomo B. 2012. Aplikasi Metode Servqual dan Six sigma.
[3] Gaspersz, Vincent, 2003. Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, Penerbit PT. Gramedia Pustaka utama, Jakarta.
[4] Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[5] Kato, Isao & Smalley, Art. 2011, Toyota Kaizen Method, Penerbit PT. Gradien Mediatama, Yogyakarta.
[6] Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
[7] Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Costumer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[8] Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka pelajar.
[9] Ridwan, Asep., (2010) ‘Perbaikan Kinerja Layanan Bank Dengan Pendekatan Lean Service, Proceeding Seminar Nasional IV Manajemen dan Rekayasa Kualitas
[10] Wirjono Projodikoro, Pengantar Asuransi di Indonesia, Intermasa, Jakarta, 1996.
[11] Wisnubroto P dan Anggoro T. 2012. Analisis Kualitas Pelayanan Jasa dengan Metode Six sigma Pada Hotel Malioboro INN Yogyakarta.
[12] Sri Rejeki Hartono, Hukum Asuransi dan Perusahaan Asuransi, Sinar Grafika, Jakarta, 2008.
[11] Geiger, R. Perren, R. Kuenzli, R. & Escher, F. (2005). Carbon Dioxide Evolution and Moisture Evaporation During Roasting of Coffee Beans. Journal of Food Science 70(2), E124-E130.
[12] Nkondjock A. 2009. Coffee consumption and the risk of cancer: an overview. Cancer Letters 277(2):121–5.
[13] Joko Nugroho W.K, Juliaty Lumbanbatu, Sri Rahayoe (2009) Pengaruh Suhu dan Lama Penyangraian Terhadap Sifat Fisik Mekanis Biji Kopi Robusta.
[14] Schwartzberg, H. G. (2000). Modelling bean heating during batch roasting of coffee beans. In \textit{Engineering and Food for the 21st Century, edited by J. Welti-Chanes, G. Barbosa-Canovas, JM
Published
2019-01-25
How to Cite
anggraini, denny astrie, dermawan, dedi, & sirait, lukas. (2019). Peningkatan Kualitas Layanan Klaim Kendaraan Roda Empat dengan Metode Six Sigma di PT. Asuransi Sinarmas. Jurnal Surya Teknika, 1(04), 9-15. https://doi.org/10.37859/jst.v1i04.1181
Abstract views: 274 , pdf downloads: 466

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>