HUBUNGAN PENGETAHUAN BERKENDARA SELAMAT DENGAN KECELAKAAN PENGEMUDI TRANSPORTASI RODA DUA BERBASIS ONLINE DI KOTA PEKANBARU

  • Raihanatu Binqalbi Ruzain Universitas Islam Riau
  • Yulia Herawati Universitas Islam Riau
  • Daniel Christofa Universitas Islam Riau
Keywords: Berbasis Online, Berkendara Selamat, Kecelakaan Pengemudi

Abstract

Kecelakaan Lalu Lintas Jalan merupakan penyebab utama kematian dan cedera dan masalah kesehatan masyarakat yang meningkat secara global, mengakibatkan lebih dari 1,2 juta kematian setiap tahunnya. Lebih dari 62.000 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor di 27 negara Uni Eropa antara tahun 2001 dan 2009. Kemajuan transportasi roda dua  berbasis online merupakan jawaban kebutuhan transportasi masyarakat saat ini, transportasi ini memberi kemudahan berupa masayarakat dapat menggunakan transportasi dengan cepat, efisien, ekonomis dan biaya yang pasti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan berkendara selamat dengan kecelakaan pengemudi transportasi roda dua berbasis online. Penelitian ini bersifat kuantitatif  dengan korelasi Product Moment obsevasional. Subjek penelitian ini adalah pengemudi transportasi roda dua berbasis online sejumlah 100 orang. Pengetahuan berkendara selamat sebagai variable bebas dan kecelakaan pengemudi sebagai variable terikat. Dipenelitian terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan berkendara selamat dengan kecelakaan pengemudi transportasi roda dua berbasis online. Pengemudi  disarankan untuk meningkatkan pengetahuan  berkendara selamat dengan  membaca, mengikuti seminar dan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abojaradeh M., (2013). "Evaluation of Pedestrian Bridges and Pedestrian Safety in Jordan" Journal of Civil and Environment Research issued from IISTE USA. Volume 3, No. 1, 2013: 66-78.
Bagyono. (2004). Mengikuti Prosedur Kesehatan,Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja. Pesona Wisata Klaten. Yogyakarta
ETSC (2011). 2010 Road Safety Target Outcome: 100,000 fewer deaths since 2001. 5th Road Safety PIN Report, European
Montazeri (2004)A. Road-traffic-related mortality in Iran: a descriptive study. Public Health.;118(2):110-3.
Manurung, Jeffry Rio. 2010. Hubungan Faktor-Faktor Penyebab Dan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Moto
Astuti W (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih angkutan tranJogja di Malioboro
Constance A (2016). Future Transport Technology. Transport For NW
EU-OSHA ( 2010). A review of accidents and injuries to road transport drivers, European.
Ismeik M., Jrew B., and Nithal A., (2010), Development of driver behavior accident prediction model. International Journal of Natural & Engineering Science
Nantulya VM (2011). The neglected epidemic road traffic injuries in development.BMJ
Rachmawati, K. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. ANDI. Yogyakarta
World Health Organization (2008). The Global Burden of Disease 2004 Geneva
World Health Organization(2015). Health in 2015 from millennium development goals to sustainable development goals. Geneva: Author.
Published
2020-05-13
Abstract views: 551 , PDF downloads: 782