HUBUNGAN BELAJAR BERDASAR REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK MAHASISWA

  • Raihanatu Binqalbi Ruzain Universitas Islam Riau
  • Yulia Hastuti Universitas Islam Riau
  • Aldita Permata Putri Universitas Islam Riau
Keywords: Belajar, Regulasi Diri, Perilaku Menyontek

Abstract

Tingginya persentase perilaku meyontek yag dilakukan oleh mahasiswa di kampus (50-70%). Belajar berdasar regulasi diri sangat diperlukan untuk mencegah perilaku menyontek di dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara belajar berdasar regulasi diri dengan perilaku menyontek mahasiswa di Pekanbaru. Penelitian ini bersifat kuantitatif  dengan korelasi Product Moment. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Riau yang berjumlah 150 orang dipilih secara acak dengan teknik cluster sampling. Belajar berdasarkan regulasi diri sebagai variable bebas dan perilaku menyontek sebagai variable terikat. Skala belajar berdasarkan regulasi diadaptasi dari skala Jusar  dan kala perilaku menyonyek diadaptasi dari Priaswandy.  Dipenelitian terdapat hubungan negatif antara belajar berdasar regulasi diri terhadap perilaku menyontek. Hubungan negatif tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi perilaku menyontek, maka semakin rendah belajar berdasar regulasi dirinya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah perilaku menyontek, maka semakin tinggi belajar berdasar regulasi dirinya.  Mahasiswa disarankan untuk bisa membuat skala prioritas dalam aktivitas sehari-hari, skala prioritas mengerjakan tugas perkuliahan, manajemen waktu dan tidak menunda-nunda mengerjakan tugas perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albrecht, W.S, C. C. Albrecht, and C. O Albrecht. (2006). Fraud Examination. Second Edition, Thompson South Western, Canada.
Aji, Swanida Manik. (2013) Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK N 1 Batang Tahun pelajaran 2012/2013, Skripsi, Fakultas Ekonomi Unnes, Semarang,
Alschuler, A. S., & Blimling, G. S. (1995). Curbing epidemic cheating through systemic change . College Teaching, 43, 123–125.
Azwar, Saifuddin. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A., Caprara, G. V., Barbaranelli, C., Pastorelli, C., & Regalia, C. (2001). Sociocognitive self-regulatory mechanisms governing transgressive behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 80, 125-135
Baird, J. S., Jr. (1980). Current trends in college cheating. Psychology in the Schools 17 (4): 515–22.
Baumesiter F Roy( 1996). Self-Regulation and the Executive Function: The Self as Controlling Agent.Chapter prepared for A. W. Kruglanski & E.T. Higgins, Social psychology: Handbook of basic principles (Second edition). New York: Guilford.
Bintoro, Purwanto & Noviyani. (2013). Hubungan Self Regulated Learning dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. 2(1). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universits Negeri Semarang.
Davis, S. F., Grover, C. A., Becker, A. H., & McGregor, L. N. (1992). Academic dishonesty: Prevalence, determinants, techniques, and punishments. Teaching of Psychology, 19, 16–20
Elias R. (2009). The impact of anti-intellectualism attitudes and academic self-efficacy in business students’ perception of cheating. Journal of Business Ethics, 86, 199-209.
Stevens, G., and F. Stevens. 1987. Ethical inclinations of tomorrow’s managers revisited: How and why students cheat. Journal of Education for Business 63 (1): 24–29.

Pintrich, P. (2000). Multiple goals, multiple pathways: The role of goal orientation in learning and achievement. Journal of Educational Psychology, 92, 544-555
Kristiyani. K. (2016). Self Regulated Learning, Yogyakarta: Sanata Dharma Univerity Press.
Kushartanti, A. (2009). Perilaku Menyontek ditinjau dari Kepercayaan Diri. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Loppies, A.M. (2014). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika UKSW. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana: Salatiga.
McCabe, D., & Trevino, L. (1997). Individual and contextual influences on academic dishonesty: A multi campus investigation. Research in higher education, 38, 379-396.
Murdock T.B., Hale N.M., & Weber M.J. (2001). Predictors of cheating among early adolescents: Academic and social motivations.Contemporary Educational Psychology, 26, 96-115.
Sims, R. L. 1993. The relationship between academic dishonesty and unethical business practices. Journal of Education for Business 68(4): 207-13
Shara, S. (2015). Hubungan Self Efficacy dan Perilaki Menyontek pada Mahasiswa Universitas X. Jurnal Psikologi. 9(1). Hal. 42-48
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Santoso, S. (2010). Mastering SPSS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Zimmerman, B. J. (2005). Attaining self-regulation: A social cognitive perspective. In M. Boekaerts, P. R. Pintrich, & M. Zeidner (Eds.). Handbook of self-regulation (pp. 13–39). (2nd ed.). San Diego, CA: Academic Press.
Published
2019-11-04
Abstract views: 655 , PDF downloads: 0 PDF downloads: 426