MANAJEMEN PEMASARAN AL-FATIH MOSLEM STORE PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MENURUT EKONOMI ISLAM

  • Rozi Andrini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rika Septianingsih Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Manajemen, Pemasaran, Bauran dan Strategi

Abstract

Tulisan ini membahas manajemen pemasaran Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru dalam meningkatkan penjualan menurut ekonomi Islam. Kajian ini penting untuk melihat manajemen pemasaran di dunia bisnis saat ini yang sesuai dengan ekonomi Islam. Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru adalah usaha perseorangan yang menawarkan kebutuhan sekunder seperti busana muslim/muslimah dan perlengkapan muslim lainnya. Label usaha dan produk-produk yang ditawarkan berbau Islami menjadi keunggulan tersendiri bagi Al-Fatih Moslem Store Pekanbaru dalam memenangkan pasar ditambah dengan manajemen pemasarannya yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahun penjualan Al-Fatih Moslem Store selalu meningkat. Dalam pelaksanaan manajemen pemasaran banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu mengelola bauran pemasaran dan strategi pemasaran. Menurut Ekonomi Islam pelaksanaan manajemen pemasaran yang dilakukan oleh Al-Fatih Moslem Store secara umum telah sesuai dengan syariah Islam karena dalam proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan pemasarannya dilaksanakan dengan kejujuran dan tidak terdapat unsur penipuan dalam pemasarannya.

References

A. Dzajuli. (2007). Kaidah-Kaidah Fikih: Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah yang Praktis. Ed. 1, Cet. 2, Jakarta: Kencana.
Ahmad Ifham Sholihin. (2010). Buku Pintar Ekonomi Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Akhmad Mujahidin, Dr. (2007). Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Ginting, Nembah F Hartimbul. (2011). Manajemen Pemasaran. Cet. I, Bandung: Yrama Widya.
Hafidhuddin, Didin, Dr. K.H. Hendri Tanjung. (2003). Manajemen Syariah Dalam Praktik. Cet. I, Jakarta: Gema Insani Press.
Kasmir. (2008). Pemasaran Bank. Ed. Rev, Cet. 3, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
M. Nur Rianto Al Arif. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Cet. Ke-1, Bandung: Alfabeta.
M. Taufiq Amir. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Ed. 1, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhandis Natadiwirya, Ir. (2007). Etika Bisnis Islami. Cet. I, Jakarta: Granada Press.
Pandji Anoraga. (2004). Manajemen Bisnis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Philip Kotler. (1990). Marketing Management, Sixth Edition Analysis Planning, Implementation and Control, alih bahasa oleh Drs. Jaka Wasana, MSM dengan judul Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Ed. ke-6, Jakarta: Erlangga.
Suharno dan Yudi Sutarso. (2010). Marketing in Practice, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jurnal ISLAMIKA, Vol. 2, No. 1 (2019): 1—10
10
Veithzal Riva’i. (2012). Islamic Marketing Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah saw. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-04-30
PDF
Abstract views: 10
downloads: 9
s