RANCANG BANGUN APLIKASI KATALOG ONLINE DAN SISTEM PEMESANAN PRODUK
Abstract
Pada penjualan handphone Sahabatkoe Ponsel menggunakan katalog cetak dalam pemberian informasi produk kepada konsumen. Katalog cetak yang digunakan sangat terbatas dan produk yang ada dikatalog tidak selalu valid sehingga informasi yang ditampilkan katalog sering tidak update. Dengan terbatasnya karyawan dan katalog maka konsumen tidak terlayani dengan maksimal dikarenakan promo yang selalu berubah dan produk yang selalu terbaru. Selain itu berkembangnya fenomena belanja online juga menjadi tantangan berat dalam proses bisnis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem komputer yang menjadi media informasi berbasis online yang lengkap, sebagai media promosi yang efektif, serta adanya fitur pemesanan produk yang proses pemesanannya menggunakan Barcode sebagai bukti pemesanan barang. Barcode yang digunakan hanya berlaku selama 2 jam sejak pemesanan, kemudian konsumen membayar pesanannya langsung ke toko. Dari hasil penelitian bahwa sistem ini bisa menampilkan informasi dengan lengkap, realtime, mudah digunakan dan diakses sehingga konsumen mendapatkan apa yang dicari, dan Sahabatkoe Ponsel bisa mempercepat proses transaksi, menyampaikan promosi dengan tepat, dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya serta sangat bisa meningkatkan kuantiti penjualan.
Downloads
References
[2]. Daulay, Sere S dan Widyaiswara. (2014). Hubungan Barcode dengan Produk Industri Sebagai Standar Perdagangan Produk Industri Masa Kini. Vol.2, No.1. ISSN:2301-6523
[3]. Edhy Sutanta. (2011) Basis Data dalam Tinjuaan Konseptual. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
[4]. Evander, M. (2015). “Penerapan Aplikasi Pembacaan Barcode menggunakan Zxing dan SOAP WebService untuk pemesanan produk berbasis Mobile”. Artikel Ilmiah, Salatiga : Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
[5]. Fithri D L ., Dkk (2017) “Pemanfaatan E-Commerce Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada KUB Bordir Kurnai Kudus”. Jurnal SIMETRIS, Kudus : Fakultas Teknik, Program Studi Sistem Informasi.
[6]. Handayani, Sri Peni Mugi. (2013) “Pembuatan Website E-Commerce Pada Distro Java Trend”. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. Vol 2 No 1. Hal.20
[7]. Hastanti (2013) “Sistem Penjualan Berbasis WEB (E-Commerce) pada Tata Distro Kabupaten Pacitan” Jurnal IJCSS – Indonesian Jurnal On Computer Science – Speed – FTI UNSA (ISSN:1979-9330)
[8]. Hitt. Michael A., Irelan. R Duane, Hoskisson. Robert E. (2013). Strategic Management Concepts and Cases Competitiveness and Glovalization ( 10th Edition). Strayer University
[9]. Izzah. Kusuma (2016) “Pembuatan Katalog Online Layanan Jasa Berbasis WEB Sebagai Media Periklanan Penyedia Layanan Jasa” Jurnal Pengabdian Masyarat J-DINAMIKA (P-ISSN:2503-1031), (e-ISSN 2503-1112)
[10]. Kadir, Abdul. “Membuat Aplikasi Web dengan PHP dan Database MySQL, Andi Offset Yogyakarta, 2009
[11]. Komputer, W. (2014) Mudah Membuat Aplikasi SMS Gatway dengan CodeIgniter. PT Elex Media Komputindo.
[12]. Kosasi, S (2014) “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis WEB untuk Memperluas Pangsa Pasar” Jurnal Prosiding SNATIF ke-1 Tahun 2014 (ISBN:978-602 1190-04-4)
[13]. Kosasi, S (2015) “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis WEB dalam Memasakan Mobil Bekas” Jurnal Citec Journal (ISSN:2354-5771)
[14]. Kotler & Keller. (2012). Marketing Management (14th Edition). New Jersey : Prentice Hall
[15]. Marjito, Tesaria. (2016) “Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android (Studi Kasus : Di toko Hoax Merch ) “. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 10, No. 1. Hal 42.
[16]. Madcoms (2011) Aplikasi Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySQL. Edited by Andi. Yogyakarta.
[17]. Mukaromah S dan Rosadi. (2015) “Perancangan Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus:Distributor Coklat Bandung)”. Jurnal Skripsi. Bandung : STMIK Mardira Indonesia.
[18]. Muqorobin dan Sulartopo. (2014) “Perancangan Media Promosi dan Informasi Berbasis Multimedia Interaktif Pada CV. Karunia Semarang”. Jurnal Skripsi. Semarang : Komputer Grafis Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer.
[19]. Octafian, D. T. (2015) “Web Multi E-commerce Berbasis Framework CodeIgniter”, 5(1), pp. 1–22.
[20]. Pearce, A. John., & Robinson, B. Richard. (2013). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakatra : Salemba Empat
[21]. Prasetio, A. (2012). Buku Pintar Pemrograman Web. Mediakita. Jakarta
[22]. Yusup P, Subekti P (2010) Teori & Praktik Penelusuran Informasi ( Information Retrieval ) Jakarta. Kencana. 216
[23]. Riyanto (2011) Membuat Sendiri Alikasi E-commerce Dengan PHP & MySql Menggunakan Codeigniter & JQuery.
[24]. Shalahuddin, M. and A. S, R. (2015) Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 3rd edn. Bandung: Informatika.
[25]. Sofian, S. (2017) Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan). Jurnal Skripsi. Medan: Manajemen STMB Mutli Smart.
[26]. Tominanto. (2010). Card Elektrik (Barcode) Sebagai Sistem Komputerisasi Rekam Medis di Rumah Sakit Medika Mulya Wonogiri. Vol. 1., No. 1. ISSN: 2086-2628.
[27]. Wahyutama, F., dkk. (2013). Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pad aToko Elektronik ABC Surabaya. Vol.2, No.3 (ISSN:2337-3539).
[28]. Yuliansyah, H. (2014) “Perancangan Replika Basis Data MySQL Dengan Mekanisme Pengamanan Menggunakan SSL Encryption”. 8(1), pp. 826-836.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.