ANALISIS KESUKSESAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAM) MENGGUNAKAN METODE DELONE DAN MCLEAN (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Riau)

  • Doni Winarso Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edo Arribe Universitas Muhammadiyah Riau
  • Silvia Rahmayuni
Keywords: Analisis Kesuksesan, Delone dan Mclean, , SIAM, Universitas Muhammadiyah Riau

Abstract

Sistem Informasi Akademik (SIAM) di Universitas Muhamadiyah Riau merupakan sistem informasi akademik berbasis online yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam pengolahan informasi akademik. Beberapa masalah terhadap penggunaan SIAM diantaranya fitur yang belum lengkap seperti fitur kkn, terjadinya kesalahan penginputan krs pada sistem, tidak bisa menampung banyak pengguna, terjadinya traffic jammed. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesuksesan penerapan SIAM dan untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kepuasan pengguna dan pamakaian. Perlu dilakukan analisa kesuksesan penerapan SIAM menggunakan metode Delone dan Mclean (2003) dengan 5 variabel yaitu, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bersifat kuantitatif, objek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel yang paling berpengaruh dalam kesuksesan penerapan SIAM adalah kualitas informasi (X2) lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sebesar 34,1% dan dominan berpengaruh terhadap pengguna sebesar 49,7%. Dikarenakan SIAM dapat menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta informasi yang diberikan oleh SIAM selalu tepat waktu.

References

Awangga febian. “analisis kesuksesan sistem informasi manajemen sumber daya dan perangkat Pos dan Informatka (SIMS)”. Jurnal Buletin Pos Dan Telekomunikasi, Vol. 12, No. 2, Juni, 2014.
Eka wayan. “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Model Delone Dan Mclean”. E-Jurnal Akuntasi Universitas Udayana, ISSN: 2302-8556, Maret, 2017.
Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Edisi 4. Badan Penerbit Undip, Semarang. 2007
Jogiyanto. 2005. "Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi". Andi Ofset, Yogyakarta, 2007.
Kebidanan”. Fitramaya, Yogyakarta. 2005
Maftukhah, nuraini. “Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Menggunakan Model Delone Dan Mclean”. jurnal ilmiah rekayasa dan manajemen sistem informasi, ISSN 2640-8181, Agustus, 2017.
Mahfoedz, I. “Metodologi Penelitian bidang Kesehatan, keperawatan dan
Mulyanto, Agus. "Sistem Informasi (Konsep dan Aplikasi)". Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009.
Noor, Juliansyah. "Metode penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana Group, Jakarta, 2011.
Pertiwi lia. “Analisa Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Akademik UIR Dengan Model Delone Dan Mclean”. Jurnal KNSI, Maret, 2018.
Purwaningsih susanti. “Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online”. Jurnal aset, ISSN 1693-928x, februari, 2010.
Riadi Edi. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual Dan Ibm Spss). Yogyakarta : Andi.
Sudarmanto, Gunawan. “Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS”. Graha Ilmu, Yogyakarta. 2005
Sutabri, Tata. "Konsep Sistem Informasi". Andi Ofset, Jakarta, 2012.
Tan djuhono. “Pengujian Kesuksesan Sistem Informasi Model Delone Dan Mclean Pada Sektor Publik”. University Research Colloqium, ISSN : 2407-9189, 2015.
Taufiq, Rahmat. "Sistem Informasi Manajemen (Konsep Dasar Analisis dan Metode Pengembangan)". Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013.
Teguh, Wahyono. "Model Analisis dengan SPSS-Memahami Teknik Analisis Statistik Secara Sistematis dan Praktis". PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009.
Wahyuni trisacti. “Uji Mepiris Model Delone Dn Mclean Terhadap Kesuksesan Sistem Informsi Manajemen Daerah (SIMDA)”. Jurnal BPPK, 2011.
Warih utami,dkk. “Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik Di Perguruan Tinggi Negri Dengan Menggunakan D&M IS Success”. Jurnal Sistem Informasi, September, 2013.
Yakub. Pengantar Siste Informasi. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012.
Yuliana ana, dkk. “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Perhotelan Dengan Pendekatan Model Delone Dan Mclean”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.34 No.1, Mei, 2016.
Yuliana kenti. “Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Untuk Evaluasi Sistem Informasi POS Pada PT.POS Indonesia (Persero)”. Jurnal Infokam No.II Th.XII, September, 2016.
Published
2019-08-11
Edo
Abstract views: 34
downloads: 11
s